SEJARAH SHALAWAT PADHANG BULAN DI PANTAI PARANGTRITIS, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2016

RUBIANTORO, NIM. 12120045 (2017) SEJARAH SHALAWAT PADHANG BULAN DI PANTAI PARANGTRITIS, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJARAH SHALAWAT PADHANG BULAN DI PANTAI PARANGTRITIS, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2016)
12120045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (SEJARAH SHALAWAT PADHANG BULAN DI PANTAI PARANGTRITIS, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2016)
12120045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Shalawat merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang lahir dari kalangan umat Islam. Esensi shalawat tidak terlepas oleh pengagungan serta pujipujian terhadap baginda Nabi Muhammad saw. Nilai-nilai budaya yang kental akan Islam ini menjadi sarana dakwah yang efektif bagi umat Islam di Indonesia sehingga melahirkan corak budaya yang bermacam-macam bentuknya, salah satunya adalah Shalawat Padhang Bulan yang muncul pada tahun 2009. Shalawat Padhang Bulan merupakan sebuah acara shalawatan bersama-sama yang dilaksanakan di pinggir Pantai Parangtritis. Shalawat Padhang Bulan terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Acara shalawatan ini diselenggarakan secara rutin setiap malam ke-15 bulan Hijriyah/Qomariyah, bertepatan dengan bentuk bulan yang sempurna. Shalawat Padhang Bulan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan terbuka untuk umum, siapapun saja boleh mengikuti acara tersebut. Keberadaan Shalawat Padhang Bulan di Desa Parangtritis membangkitkan penulis untuk meneliti lebih jauh tentang Sejarah Shalawat Padhang Bulan yang muncul pada tahun 2009 dan berakhir pada tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana sejarah munculnya Shalawat Padhang Bulan di Desa Parangtritis, mengapa acara Shalawat Padhang Bulan dilaksanakan di pinggir Pantai Parangtritis, dan apa fungsi Shalawat Padhang Bulan bagi masyarakat Parangtritis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi. Adapun teori yang digunakan yaitu teori fungsionalisme yang dikembangkan oleh Bronislaw Malinowski. Inti dari teori fungsi budaya ini adalah segala aktivitas kebudayaan itu sebenarnya bermaksud memuaskan suatu rangkaian jari sejumlah kebutuhan naluri makhluk manusia yang berhubungan dengan seluruh kehidupannya. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa sejak acara Shalawat Padhang Bulan diselenggarakan pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2016, acara ini mengalami perkembangan yang positif. Hal tersebut dapat direkam dari banyaknya minat masyarakat untuk menghadiri acara Shalawat Padhang Bulan dan tokoh-tokoh keagamaan lainnya yang pernah mengikuti acara Shalawat Padhang Bulan tersebut. Ini menandakan bahwa Acara Shalawat Padhang Bulan di Pantai Parangtritis pernah dikenal masyarakat luas. Shalawat Padhang Bulan mempunyai beberapa fungsi yaitu fungsi di bidang keagamaan, sosial, dan ekonomi. Acara ini tidak lepas dari seputar aktifitas dakwah dan sebagai tradisi yang menunjukkan identitas keislaman masyarakat parangtritis. Shalawat Padhang Bulan juga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan solidaritas antar sesama warga. Selain itu acara Shalawat Padhang Bulan secara tidak langsung memberikan dampak ekonomi bagi penduduk sekitar Pantai Parangtritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Maimunah S. Ag., M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: Shalawat Padhang Bulan, Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2018 13:53
Last Modified: 09 Jan 2018 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum