PESAN SABAR MELALUI FILM AIR MATA TERAKHIR BUNDA (AMTB) ANALISIS SIMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA TOKOH SRIYANI

SANI FAHMI ARIYANTO, NIM : 11210114 (2017) PESAN SABAR MELALUI FILM AIR MATA TERAKHIR BUNDA (AMTB) ANALISIS SIMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA TOKOH SRIYANI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PESAN SABAR MELALUI FILM AIR MATA TERAKHIR BUNDA (AMTB) ANALISIS SIMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA TOKOH SRIYANI)
11210114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PESAN SABAR MELALUI FILM AIR MATA TERAKHIR BUNDA (AMTB) ANALISIS SIMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA TOKOH SRIYANI)
11210114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sani Fahmi Ariyanto. 11210114. 2017. Skripsi : Pesan Sabar Melalui Film Air Mata Terakhir Bunda (AMTB) Analis Semiotik Roland Barthes Pada Tokoh Sriyani.Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Film merupakan media komunikasi yang menggabungkan antara audio dan visual yang mempunyai peran sebagai penyampaian pesan dan pembelajaran terhadap masyarakat khalayak. Saat ini banyak film yang menceritakan dan diangkat dari kisah nyata, salah satunya adalah film Air Mata Terakhir Bunda (AMTB). Hal yang menarik dari film ini adalah perjuangan serta usaha dari seorang Ibu janda yang telah ditinggal suaminya dan berjuang untuk mewujudkan impian kepada anak-anaknya dengan berbagai cara agar bisa menyekolahkan kedua anaknya agar menjadi seorang sarjana. Masalah dan halangan yang banyak menimpa dari seorang Ibu tersebut selalu ia hadapi dengan pamrih dan senang hati. Film ini sangat inspiratif dan bisa dijadikan motivasi bagi para penonton khususnya kaum Ibu dan calon Ibu semuanya. Dalam film ini digambarkan dengan jelas sikap sabar seorang Ibu yang diterapkan dalam kehidupan. Sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari ini diceritakan dalam film “Air Mata Terakhir Bunda (AMTB)”, dan bentuk sabar yang baik dan benar yang dilakukan oleh tokoh Sriyani dalam film ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pesan sabar yang digambarkan dalam film “Air Mata Terakhir Bunda (AMTB)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bentuk sabar yang digambarkan dalam film “Air Mata Terakhir Bunda (AMTB)” melalui tokoh Sriyani. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Penulis menganalisis tanda yang muncul dalam gambar dan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes, serta mengklasifikasikannya dalam bentuk visual dan verbal, denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian ini adalah tercapai empat bentuk tanda sabar yaitu, sabar ketaatan kepada Allah SWT, sabar pergaulan antar manusia, sabar dalam gejolak nafsu, sabar dlam harta dan musibah. Kata kunci : Sabar, Film, Air Mata Terakhir Bunda (AMTB), Semiotik, Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khadiq, S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Sabar, Film, Air Mata Terakhir Bunda (AMTB), Semiotik, Roland Barthes.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2018 09:28
Last Modified: 23 Jan 2018 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum