IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN DARUL MUSHLIHIN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

SATRIA NUR AGUNG PRADANA, NIM. 12240027 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN DARUL MUSHLIHIN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN DARUL MUSHLIHIN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12240027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN PONDOK PESANTREN DARUL MUSHLIHIN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12240027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Adanya UU No 23 tahun 2002 pasal 25 yaitu kewajiban dan tanggung jawab masyarakat terhadap perlindungan anak dilaksanakan melalui kegiatan peran masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin merupakan salah satu Pondok Pesantren di Yogyakarta yang memiliki visi dan misi mulia secara islami. Pondok pesantren ini merupakan tempat para santri tinggal, belajar, mengembangkan diri dengan satri yang terdiri anak-anak yatim dan dhuafa. Pengelolaan Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin diperlukan adanya manajerial yang nyata, untuk menjalankan sebuah sistem yang dibangun berdasarkan visi dan misi agar lembaga pendidikan ini lebih terarah dalam operasionalnya. Manajemen operasional merupakan pengaplikasian suatu proses transformasi dari input yang berupa bahan baku, sumber daya menjadi output yang memiliki nilai tambah dari input itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan studi lapangan (field research). Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredabilitas dengan triangulasi yang merupakan pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Manajemen operasional merupakan proses mengubah sesuatu menjadi sesuatu yang lebih berharga, proses Manajemen operasional di Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin dengan input yang berupa santri, sumber daya manusia, gedung, perpustakaan, kurikulum yang kemudian terjadilah proses transformasi di dalamnya dengan dilaksanakannya proses belajar mengajar serta kegiatan ekstrakurikuler yang kemudia dievaluasi untuk mengetahui apakah keberhasilan proses transformasi menjadi Output dengan kompetensi lulusan kriteria mengenai klasifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Adanya nilai tambah dalam kemajuan teknologi dan trend pondok pesantren yang menjadikan output Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin berbeda dengan output lembaga lain. Umpan balik yang berupa lulusan yang berkualitas dengan tujuan memanusiakan manusi, mendewasakan dan meningkatkan kualitas menjadi lebih baik dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rasyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Operasional, Panti Asuhan La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jan 2018 10:15
Last Modified: 10 Jan 2018 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum