OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DI MASJID AL-MUHAJIRIN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)

SUHENDRI, NIM. 13240025 (2017) OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DI MASJID AL-MUHAJIRIN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DI MASJID AL-MUHAJIRIN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
13240025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DI MASJID AL-MUHAJIRIN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
13240025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia pada hakikatnya merupakan faktor sentral dalam suatu kegiatan dakwah secara individu maupun organisasi agar dalam pencapaian tujuan dapat terlaksana secara efektif dan efisien, maka sudah seharusnya dalam pengelolaannya harus menggunakan manajemen yang baik. Eksistensi masjid sangat diperlukan oleh masyarakat, mengingat masjid merupakan salah satu lembaga keagamaan yang peran dan fungsinya tidak hanya untuk aktivitas-aktivitas keagamaan saja, tapi juga bisa digunakan untuk egiatankegiatan sosial dan pemberdayaan masyakarat sekitar serta pengembangan umat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan tergolong sebagai penelitian lapangan apabila dilihat dari tempat penelitiannya. Penelitian lapangan yaitu penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari informan atau responden melalui teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji validitas data penulis menggunakan metode triangulasi sumber. Setelah melakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa manajemen Masjid dalam pengembangan kualitas susmber daya manusia di Masjid Al- Muhajirin Condongcatur secara garis besar adalah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dan melakukan pelatihan terhadap sumber daya manusia itu sendiri. Adapun fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan adalah pertama fungsi manajerial, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. kedua fungsi operasional, yang meliputi pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan. ketiga pengembangan sumber daya manusia, pengembangan yang dilakukan yaitu dengan diadakannya pelatihan tiga kali dalam satu tahun yang langsung dibina oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) tingkat kecamatan. Selain itu juga dilibatkannya pengurus dalam kepanitiaan perlombaan-perlombaan dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pengembangan, sumber daya manusia
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jan 2018 14:02
Last Modified: 10 Jan 2018 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum