EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA MIKRO PADA BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA (STUDI KASUS: NASABAH PASAR BANTENGAN BMT AL-MUTHI’IN)

AYU KUSWANDARI, NIM. 13820013 (2017) EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA MIKRO PADA BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA (STUDI KASUS: NASABAH PASAR BANTENGAN BMT AL-MUTHI’IN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA MIKRO PADA BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA (STUDI KASUS: NASABAH PASAR BANTENGAN BMT AL-MUTHI’IN))
13820013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA MIKRO PADA BMT AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA (STUDI KASUS: NASABAH PASAR BANTENGAN BMT AL-MUTHI’IN))
13820013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembiayaan murabahah yang mendominasi pembiayaan di BMT Al-Muthi’in Yogyakarta. Hal tersebut menunjukan bahwa pembiayaan dengan basis jual beli (murabahah) memiliki kontribusi lebih besar dibanding dengan akad pembiayaan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas pembiayaan murabahah terhadap usaha mikro pada BMT Al-Muthi’in Yogyakarta dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan nasabah pembiayaan mikro selama pembiayaan berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 344 nasabah. Jumlah sampel penelitian ini 78 sampel yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang perkembangan usaha mikro sesudah mendapatkan pembiayaan murabahah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari nilai uji parsial atau uji t masing masing variabel independen terhadap variabel dependen didapati hasil bahwa pembiayaan berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan nasabah usaha mikro. Sedangkan variabel besar angsuran dan margin tidak terdapat pengaruh negatif signifikan terhadap pendapatan nasabah usaha mikro. Secara simultan seluruh variabel independen bersama-sama mempengaruhi pendapatan sesudah nasabah usaha mikro di BMT Al-Muthi’in Yogyakarta. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,463 atau sebesar 46,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas (jumlah pembiayaan, besar angsuran, dan margin) secara bersama-sama mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya sebesar 46,3 %, sedangkan sisanya 53,7 % dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diterangkan dalam penelitian ini. Dari penjelasan tersebut maka pembiayaan murabahah dapat dikatakan efektif. Para nasabah mampu menggunakan secara efektif pembiayaan yang diberikan oleh BMT Al-Muthi’in.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. M. Yazid Affandi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, BMT, Pembiayaan Murabahah, usaha mikro, perkembangan usaha.
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Jan 2018 09:29
Last Modified: 16 Jan 2018 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum