PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 DALAM MENULIS SKRIPSI

SHELA ISNA SAHARA, NIM. 12220008 (2017) PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 DALAM MENULIS SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 DALAM MENULIS SKRIPSI)
12220008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 DALAM MENULIS SKRIPSI)
12220008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SHELA ISNA SAHARA (12220008), Prokrastinasi akademik mahasiswa progras studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga angkatan 2012 dalam menulis skripsi. Pembelajaran dalam perguruan tinggi sangatlah berbeda dengan di jenjang pendidikan sebelumnya. Para mahasiswa dituntut lebih mandiri , berwawasan luas dan bertanggung jawab, harus mampu menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang berbeda tersebut, karena jika tidak mampu maka mahasiswa akan mengalami ketertinggalan. Ketertinggalan yang di alami oleh mahasiswa akan membawa dampak yang negatif terutama pada akademiknya. Mahasiswa menjadi kurang bertanggung jawab dan lebih sering menunda dalam mengerjakan tugasnya. Perilaku mahasiswa yang lebih sering menunda dalam mengerjakan tugasnya dalam bidang akademik disebut prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik yang sering terjadi adalah saat menulis skripsi.Cenderung mahasiswa melakukan penundaan dalam proses penulisan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dalwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga angkatan 2012 dan Dosen Pembimbing skripsi . Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya prokrastinasi dan langkahlangkah menghentikannya yang dilakukan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga angkatan 2012. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang dilakukan dengan cara triangulasi teknik, sumber data, dan waktu. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga angkatan 2012 melakukan prokrastinasi akademik adalah adanya faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan menghilangkan pengalih perhatian, melakukan tugas itu sendiri, mematok tujuan, menjadi sadar ganjaran, dan mempelajari kecakapan introspeksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi, Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:13
Last Modified: 18 Jan 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum