TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KELUARGA SAKINAH PADA PEKERJA LAJU KE KOTA (STUDI DI DUSUN BIBIS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D. I. YOGYAKARTA)

SAIFUL ANAM, NIM. 11350057 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KELUARGA SAKINAH PADA PEKERJA LAJU KE KOTA (STUDI DI DUSUN BIBIS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D. I. YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KELUARGA SAKINAH PADA PEKERJA LAJU KE KOTA (STUDI DI DUSUN BIBIS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D. I. YOGYAKARTA))
11350057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KELUARGA SAKINAH PADA PEKERJA LAJU KE KOTA (STUDI DI DUSUN BIBIS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D. I. YOGYAKARTA))
11350057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan merupakan suatu perbuatan yang dinilai sebagai ibadah dalam agama Islam. Pernikahan memiliki tujuan utama untuk membentuk keluarga yang sakinah, di samping tujuan yang lain, yaitu: memenuhi kebutuhan seksual, reproduksi, menjaga diri dan ibadah. Pembentukan keluarga sakinah akan dipengaruhi oleh unsur pengetahuan agama, pendidikan, ekonomi, kesehatan, relasi yang baik. Selain definisi di atas keluarga sakinah adalah keluarga yang menjaga komunikasi yang intens dengan keluargnya. Para pekerja ke kota di Dusun Bibis, Desa Krambilsawit merasakan himpitan ekonomi yang cukup membebani atau susah, sehingga solusi yang diambil adalah bekerja laju ke kota-kota terdekat dengan alasan menghemat biaya maka mereka memutuskan pulang ke kampung seminggu sekali, selain alasan ekonomi para pekerja ke kota itu sudah menjadi tradisi atau kebiasaan masyarakat Dusun Bibis, Desa Krambilsawit. Dusun Bibis Desa Krambilsawit semua panduduknya beragama Islam. Oleh sebab itu penyusun ingin meneliti bagaimana pemahaman keluarga sakinah bagi para pekerja laju ke kota dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemahaman keluarga sakinah pada pekerja laju ke kota. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di Dusun Bibis, Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggali bagaimana pemahaman para pekerja ke kota Dusun Bibis, Desa Krambilsawit tentang keluarga sakinah. Penelitian ini bersifat preskriptif. Teknik dari pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur terhadap para pekerja ke kota yang berasal dari Dusun Bibis Desa Krambilsawit. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif dengan pendekatan normatif. Pendekatan hukum Islam yang dipakai untuk menganalisis konsep keluarga sakinah masyarakat Dusun Bibis, Desa Krambilsawit adalah ayat-ayat al-Qur‟an, pendapat ulama, hukum Islam. Dari semua objek yang diteliti dapat penyusun simpulkan bahwa pemahaman pekerja laju ke kota Dusun Bibis, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul belum dapat dikategorikan sakinah dikarenakan hanya memenuhi sebagian kriteria dari kriteria para ahli yang penyusun kutip dan belum sakinah secara keseluruhan sesuai dengan nash al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MALIK IBRAHIM M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, keluarga sakinah, pekerja laju ke kota
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:11
Last Modified: 18 Jan 2018 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum