MEMAKNAI RELIGIUSITAS TOKOH RUDY HABIBIE (Pemaknaan Penonton Terhadap Religiusitas Tokoh Rudy Habibie Dalam Film Rudy Habibie “Habibi Ainun 2”)

Imam Restu Adam, NIM 13210083 (2017) MEMAKNAI RELIGIUSITAS TOKOH RUDY HABIBIE (Pemaknaan Penonton Terhadap Religiusitas Tokoh Rudy Habibie Dalam Film Rudy Habibie “Habibi Ainun 2”). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MEMAKNAI RELIGIUSITAS TOKOH RUDY HABIBIE (Pemaknaan Penonton Terhadap Religiusitas Tokoh Rudy Habibie Dalam Film Rudy Habibie “Habibi Ainun 2”))
13210083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MEMAKNAI RELIGIUSITAS TOKOH RUDY HABIBIE (Pemaknaan Penonton Terhadap Religiusitas Tokoh Rudy Habibie Dalam Film Rudy Habibie “Habibi Ainun 2”))
13210083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Film Rudy Habibie atau Habibiea Ainun 2 adalah film yang diangkat dari kisah nyata seorang tokoh besar Indonesia yaitu BJ Habibie. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup BJ Habibie atau Rudy Habibie semasa kecil hingga kuliah di Jerman. film yang di sutradari oleh Hanung Bramantyo ini bergenre drama, akan tetapi meskipun bergendre drama sang sutradara tetap memasukan unsur-unsur religiusitas didalam film tersebut, melalui tokoh utamanya yaitu Rudy Habibie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan penonton terhadap religiusitas tokoh Rudy Habibie dalam film Rudy Habibie (Habibie Ainun 2). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi. Teori dasar yang digunakan adalah teori encodingdecoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall tentang bagaimana khalayak memproduksi sebuah pesan dari suatu teks media. Data diperoleh dari wawancara mendalam terhadap lima orang informan dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa tokoh Rudy Habibie dalam film Rudy Habibie (Habibie Ainun 2) adalah seorang tokoh yang religius. Hal tersebut ditunjukan dengan penggambaran adegan tokoh Rudy Habibie yang taat beribadah dan selalu berdoa kepada Allah ketika mendapatkan kesulitan. Jadi didalam film rudy habibe tidak hanya sebagai media hiburan semata, akan tetapi juga sebagai media pendidikan sekaligus media dakwah. Dalam proses pemaknaan terhadap tokoh Rudy Habibie, perbedaan latar belakang agama, sosial budaya, dan pengalaman lima informan menjadi faktor penting yang membedakan pemaknaan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Rudy Habibie (Habibie Ainun 2).
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 11:58
Last Modified: 22 Jan 2018 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum