PENGARUH MENONTON FILM ADA SURGA DI RUMAHMU TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA SISWI SD N 03 BANGUNSARI, PAGERUYUNG, KENDAL

Indi Maziyaturrohmah, NIM. 13210123 (2017) PENGARUH MENONTON FILM ADA SURGA DI RUMAHMU TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA SISWI SD N 03 BANGUNSARI, PAGERUYUNG, KENDAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON FILM ADA SURGA DI RUMAHMU TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA SISWI SD N 03 BANGUNSARI, PAGERUYUNG, KENDAL)
13210123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON FILM ADA SURGA DI RUMAHMU TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA SISWI SD N 03 BANGUNSARI, PAGERUYUNG, KENDAL)
13210123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Film merupakan media massa yang mampu menayangkan sebuah realitas sosial masyarakat dalam bentuk tayangan yang menghibur. Selain sebagai media hiburan, film juga merupakan alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak sehingga film juga dapat digunakan sebagai media dakwah. Salah satu film yang berisi pesan dakwah adalah film “Ada Surga di Rumahmu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton film “Ada Surga di Rumahmu” terhadap sikap birrul walidain siswa siswi SDN 03 Bangunsari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen model one group prestest posttest dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa siswi SDN 03 Bangunsari yang berjumlah 48 orang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori SOR dan teori efek pesan media. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis parametrik Paired Samples T-Test. Dari hasil uji Paired Samples T Test diperoleh nilai –t hitung < -t tabel (- 7,610 < -2,012) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat berbedaan rata-rata hasil sebelum dan sesudah diberi perlakuan, sehingga terdapat pengaruh menonton film “Ada Surga di Rumahmu” terhadap sikap birrul waidain siswa siswi SDN 03 Bangunsari dengan perbedaan rata-rata pretest dan posttest sebesar 9,938. Hasil perbedaan rata-rata pretest dan posttest yang tidak terlalu tinggi bisa disebabkan oleh faktor eksternal diluar penelitian seperti pengalaman pribadi, pengaruh keluarga, teman sebaya dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Sahlan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Menonton Film, Sikap Birrul Walidain
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 14:19
Last Modified: 22 Jan 2018 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum