Arif, Mahmud (2006) TRADISI BAYANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Historis-Filosofis atas Epistemologi Pendidikan Islam Masa Keemasan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia). In: PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEPSI DAN REALITAS. Bunga Rampai, 1 (1). Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 129-171. ISBN 9789799353207
|
Image
COVER SUTRISNO 3.jpg - Cover Image Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (651kB) | Preview |
|
|
Text (TRADISI BAYANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Historis-Filosofis atas Epistemologi Pendidikan Islam Masa Keemasan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia))
MAHMUD ARIF - TRADISI BAYANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tradisi pada institusi-institusi pesantren di tanah air diakui kuat ikatan "geneologisnya" dengan tradisi keislaman klasik. Ini merupakan kesinambungan dari konsep pemikiran keislaman masa lampau yang dihasilkan oleh para pemikir muslim kenamaan, semisal: al-Syafi'i, Ibn Sina, Ibn Miskawaih, al-Ghazali dan al-Zarnuji. Nasr Abu Zaid mengungkapkan bahwa wacana keagamaan Islam kontemporer, dimana pendidikan Islam sebagai bagian integralnya antara lain mempunyai ciri menonjol berupa menjadikan salaf atau "tradisi" (turats) sebagai model acuan tanpa reserve. Artinya,idealisasi (pengagungan) dan bahkan glorifikasi terhadap capaian masa lalu dirasa sedemikian kuat menghegemoni pola pikir kesejarahan umat Islam hingga dewasa ini.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan islam, tradisi bayani |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Buku |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 08:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2018 08:53 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29181 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |