Upaya peningkatan manajemen pembelajaran kelas di madrasah ibtidaiyah Ma'arif Sembego Maguwoharjo: prospek dan tantangan

Maemonah, . (2016) Upaya peningkatan manajemen pembelajaran kelas di madrasah ibtidaiyah Ma'arif Sembego Maguwoharjo: prospek dan tantangan. AL ATHFAL (Jurnal Pendidikan Anak), Vol. 2 (No. 1). pp. 75-90. ISSN 2477-4715

[img]
Preview
Text (Upaya peningkatan manajemen pembelajaran kelas di madrasah ibtidaiyah Ma'arif Sembego Maguwoharjo: prospek dan tantangan)
Maemonah - Upaya Peningkatan Manajemen.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

One of the development efforts the capabilities of educators with intensive assistance capability studies educators to learners, known as Action Research (PTK) in Government Elementary School (MI). From the guidance to teachers MI Diponegoro in the form of participatory research (PAR), there is an increasing understanding of the capabilities of teachers to various conditions learners well as the ability to innovate and improve the quality of learning undertaken by teachers towards their students on one side. On the other hand students also increased understanding in learning. The challenge, these efforts need to be done continuously so that it becomes a tradition in the process of structuring or management teacher learning in the classroom. Keywords: learning management, PTK, madrasah, mentoring. Abstrak Salah satu upaya pengembangan kapabilitas pendidik adalah dengan pendampingan secara intensif kemampuan Penelitian pendidik terhadap peserta didiknya atau yang dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dari pendampingan terhadap guru-guru MI Diponegoro dalam bentuk participatory research (PAR), ada peningkatan kapabilitas pemahaman guru terhadap berbagai kondisi peserta didiknya sekaligus kemampuan untuk melakukan inovasi dan imporvisasi pembalajaran yang dilakukan oleh guru terhadap anak didiknya disatu sisi. Disisi lain peserta didik juga mengalami peningkatan pemahaman dalam pembelajarannya. Tantangannya, upaya tersebut perlu dilakukan secara kontinyu sehingga menjadi tradisi dalam proses penataan atau manajeman pembelajaran guru di kelas. Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, PTK, madrasah, pendampingan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning management, PTK, madrasah, mentoring, Manajemen pembelajaran, PTK, madrasah, pendampingan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 33. Al Athfal
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Jan 2018 09:13
Last Modified: 30 Jan 2018 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum