PEMBATASAN FACEBOOK SEBAGAI RUANG PUBLIK DAN RUANG PRIVAT (STUDI PADA PENGGUNA FACEBOOK, DUSUN BAJANG, DESA DALEMAN, KECAMATAN PANDAK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)

RIZKI PRIMAYANTI, NIM. 12540065 (2017) PEMBATASAN FACEBOOK SEBAGAI RUANG PUBLIK DAN RUANG PRIVAT (STUDI PADA PENGGUNA FACEBOOK, DUSUN BAJANG, DESA DALEMAN, KECAMATAN PANDAK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBATASAN FACEBOOK SEBAGAI RUANG PUBLIK DAN RUANG PRIVAT (STUDI PADA PENGGUNA FACEBOOK, DUSUN BAJANG, DESA DALEMAN, KECAMATAN PANDAK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA))
12540065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBATASAN FACEBOOK SEBAGAI RUANG PUBLIK DAN RUANG PRIVAT (STUDI PADA PENGGUNA FACEBOOK, DUSUN BAJANG, DESA DALEMAN, KECAMATAN PANDAK, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA))
12540065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Era milenial ini, internet telah menjadi bagian lekat kehidupan sosial. Sebagai konsekuensi dari jaringan komunikasi-informasi internet yang luas menembusi sekat-sekat kultural, etnik, gender, dan bawaan pluralitas masyarakat, lahir berbagai media sosial yang bisa menghubungkan penggunanya dengan lebih cepat dan mudah. Facebook, salah satu bentuk jejaring sosial berbasis internet, memiliki karakteristik sosial tersendiri bagi penggunannya. Kondisi ini, melahirkan masalah-masalah akademik, sehingga butuh kajian sistematis atas pola dan karakter kehidupan sosial nyata dan kehidupan di dunia facebook. Selain itu, secara spesifik perlu dirunut dan dikaji batasan-batasan keprivatan dan kepublikan dalam dunia maya. Penelitian ini berusaha menjawab, beberapa persoalan, yaitu; bentuk ruang privat dan ruang publik dalam facebook; batasan privat dan publik dalam relasi komunikasi antar pengguna facebook kontemporer. Metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, yang menekankan pada deskripsi dan narasi ulasan, daripada penyusunan angka-angka dan statistik. Data didapatkan dari observasi langsung penggunaan facebook, wawancara dengan pengguna yang dipilih dari user facebook di Bantul Yogyakarta. Informan adalah akademisi yang merupakan pengguna aktif media sosial. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan landasan teori ‘hiperrealitas’ Jean Baudrillard. Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: pertama, facebook lahir akibat beroperasinya internet secara luas, dan menggantikan bentuk komunikasi lama melalui media massa konvensional. Kedua, facebook mempunyai ruang privat dan publik sebagaimana ruang di dunia fisik. Ketiga, batasan privat dan publik dalam komunikasi di facebook mengalami peleburan batas, sebagai konsekuensi dari bentuk kehidupan masyarakat hiperrealitas yang bersifat spontan, bias, dan berubah-ubah basis orientasi maknanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Internet, Komunikasi, Facebook, Hiperrealitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:30
Last Modified: 31 Jan 2018 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum