PENGARUH LINIMASA INSTAGRAM TERHADAP GAYA BUSANA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA SKRIPSI

LUTFI KUSUMA WARDANI, NIM. 13540026 (2017) PENGARUH LINIMASA INSTAGRAM TERHADAP GAYA BUSANA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINIMASA INSTAGRAM TERHADAP GAYA BUSANA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA SKRIPSI)
13540026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINIMASA INSTAGRAM TERHADAP GAYA BUSANA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA SKRIPSI)
13540026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Eksistensi busana pada dasarnya sebagai penutup, pelindung, dan bentuk kesopanan, tetapi kini sudah menjadi bagian dari lifestyle (gaya hidup). Dengan fashion seseorang bisa menunjukan kualitas gaya hidup mereka. Pamor dan status seseorang pun ikut terdongkrak naik saat memakai fashion yang sedang populer. Hadirnya linimasa Instagram seolah memfasilitasi kreasi busana tersebut dengan berbagai mode dan kombinasi. Sementara kehidupan santriwati yang dipersepsikan sederhana dan lugu, nyatanya kontras saat dijumpai di jejaring sosial Instagram yang merupakan wadah ekspresi tanpa batas. Oleh karena itu, santriwati merasa leluasa tanpa ketakutan untuk memposting foto pribadi mereka dengan bergaya sebagaimana yang tidak biasa dilakukan di dunia real. Dari deskripsi di atas, penelitian ini mengambil fokus kajian tentang konstruksi citra dan identitas santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum, serta bagaimana pengaruh penggunaan instagram pada perubahan gaya busana santriwati Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengkombinasikan data yang diperoleh dari instragram, dengan bentuk penyajiannya deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini berupa beberapa postingan dari instagram santriwati dan hasil wawancara di lapangan. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis netrografi yakni dengan menyelidiki postingan instagram sebagai narasumber. Selanjutnya, data yang sudah diperoleh dianalisis dengan perspektif teori hiperrealitas Jean Baudrillar. Informan utama dalam penelitian ini mengambil sample lima anak santriwati. Ke-lima sample tersebut dipilih berdasarkan penggunaan linimasa instagram yang intensitasanya lebih sering dibandingkan santriwati lain di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan instagram oleh santriwati adalah sebagai media aktualisasi diri santriwati di media sosial. Penggunaan instagram tersebut bertujuan ingin tampil dan menunjukkan bahwa dunia pesantren tidak selalu identik konvensional dalam berbusana, akan tetapi bisa mengikuti model fashion yang sedang berkembang. Sementara, penggunaan instagram bagi santriwati berpengaruh pada perubahan mode busana santriwati yang terkesan modis dan fashionable saat tampil di jejaring sosial instagram. Pengaruh penggunaan instagram juga berpengaruh pada berkembangnya pandangan santriwati terhadap busana yang tidak hanya busana sebagai pelindung tubuh, tetapi sudah menjadi bagian dari life style yang mendukung penampilan santriwati, dimana santriwati saat ini tidak mengkonsumsi sesuatu berdasarkan kebutuhan akan tetapi mereka mengkonsumsi sesuatu karena adanya nilai, simbol, dan prestise.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh Soehadha, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Busana, Pondok Pesantren Ali Maksum, Hiper-realitas, Prestise
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:58
Last Modified: 31 Jan 2018 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum