CINTA TANAH AIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX SEMESTER 2)

SAIFUL ANWARUDIN, NIM. 13410002 (2017) CINTA TANAH AIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX SEMESTER 2). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (CINTA TANAH AIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX SEMESTER 2))
13410002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (CINTA TANAH AIR PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX SEMESTER 2))
13410002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa cinta tanah air pada masa sekarang tidak harus ditunjukkan dengan mengikuti akademi militer guna ikut berperang, cukup dengan akhlak terpuji kita dapat menunjukkan kecintaan kita terhadap tanah air. Akhlak yang terpuji dan pengendalian diri yang baik dalam menghadapi masalah, serta senantiasa menjaga kerukunan akan menciptakan lingkungan yang damai dan jauh dari perselisihan sehingga nilai persatuan dan kesatuan akan selalu terjaga. Itu merupakan salah satu dampak dari akhlak terpuji yang berimbas pada terjaganya nilai persatuan di tanah air sehingga menimbulkan sikap cinta terhadap tanah air. Tanah air yang kita tempati bukan hanya tempat untuk diri kita sendiri dalam menjalani kehidupan. Untuk itulah perlu adanya pengetahuan bagi manusia agar dapat hidup berdampingan dengan yang lain di tempat yang sama, tanah air yang sama, sehingga akan tercipta kehidupan yang harmonis, baik sesama manusia maupun dengan lingkungan alam di sekitarnya. Oleh karena itu, manusia perlu belajar mengenai akhlak sebagai landasannya. Permasalahan penelitian ini adalah apa saja muatan materi cinta tanah air di dalam buku Akidah Akhlak MTs kelas IX serta bagaimana cinta tanah air dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang cinta tanah air di dalam buku Akidah Akhlak MTs kelas IX, serta cinta tanah air perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualilatif berupa library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan buku siswa Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas IX. Pengumpulan data dilakukan dengan bersumber dari buku, majalah, serta bahan lainnya yang sesuai dengan penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis isi (content analysis) untuk menguraikan data penelitian yang berhasil dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mengenal dan memahami satu sama lain, saling menolong, jujur dan adil, serta selalu berusaha menjaga lingkungan merupakan beberapa tindakan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mencintai tanah air Indonesia. sebagaimana materi yang terdapat di dalam buku Akidah Akhlak MTs kelas IX. (2) Cinta terhadap tanah air merupakan salah satu tujuan dari Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Pendidikan Agama Islam menganggap sangat pentingnya memiliki rasa cinta akan tanah air, sebab dengan rasa cinta tersebut setiap warga negara akan merasa bertanggungjawab kepada negaranya untuk selalu menciptakan kerukunan, perdamaian dan kenyamanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Cinta tanah arirw
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 09:20
Last Modified: 01 Feb 2018 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum