KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA

MUHAMMAD ABDUS SALAM, NIM. 13410016 (2017) KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA)
13410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA MTS NEGERI I YOGYAKARTA)
13410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa disinyalir sebagai dampak rendahnya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini pertama bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri I Yogyakarta. Kedua bertujuan untuk menganalisis dampak kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling terhadap internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada siswa di MTs Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik, sedangkan informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan dan Konseling, Kepala sekolah, dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menerapkan pola berpikir induktif. Analisis ini lebih merupakan pembentukan abstraksi berdasarkan bagian-bagian yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk kerjasama antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri I Yogyakarta bersifat formal yaitu kerjasama yang diatur secara resmi oleh madrasah. Dalam prakteknya Guru Bimbingan dan Konseling lebih banyak menggunakan pendekatan psikologis dalam memberikan bimbingan, sedangkan Guru Pendidikana Agama Islam menggunakan pendekatan agama. Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai Aqidah, nilai Ibadah, serta nilai Akhlak. (2) Pengaruh kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dengan guru Bimbingan dan Konseling yaitu peserta didik mengamalkan nilai Aqidah (melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah), peserta didik mengamalkan nilai Ibadah (membiasakan diri untuk membaca Al-Quran, Shalat Dhuha), peserta didik mengamalkan nilai Akhlak yaitu dengan bersalaman, sopan santun dalam berperilaku, serta saling menghormati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi.,MA
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Bimbingan Konseling, Internalisasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 13:56
Last Modified: 01 Feb 2018 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum