HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SISWA KELAS X TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

SYAIFUL MUSTAFA, NIM. 13410018 (2017) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SISWA KELAS X TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SISWA KELAS X TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
13410018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SISWA KELAS X TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
13410018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran Akidah Akhlak yang diajarkan di MAN 2 Sleman Yogyakarta yang berguna untuk membina Akidah serta Akhlak atau sikap siswa dan siswi MAN 2 Sleman Yogyakarta. MAN 2 Sleman Yogyakarta merupakan Madrasah Aliyah inklusif pertama di Indonesia yang menampung siswa maupun siswi penyandang disabilitas netra. Setelah siswa mempelajari Akidah Akhlak dikelas memiliki sikap yang baik atau positif kepada teman sejawat, terlebih bersikap empati terhadap teman disabilitas. Namun tidak menutup kemungkinan siswa-siswi MAN 2 Sleman bersikap negaitf terhadap siswa penyandang disabilitas. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan sikap siswa kelas X terhadap siswa penyandang disabilitas. (2) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Sleman Yogyakarta, dan (3) menguji secara empiris hubungan antara efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan sikap siswa kelas X terhadap siswa penyandang disabilitas MAN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas X MAN 2 Sleman Yogyakarta. Dengan teknik sampling purposive diambil kelas IIS 1, IIS 2 dan kelas IIK dan diambil 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan tata jenjang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sikap siswa kelas X terhadap siswa penyandang disabilitas MAN 2 Sleman secara umum bersikap positif, yaitu 64,06%. (2) keefektifan pembelajaran Akidah Akhlak kelas X MAN 2 Sleman Yogyakarta secara umum efektif, yaitu 67,19%. (3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan sikap siswa kelas X terhadap siswa penyandang disabilitas MAN 2 Sleman Yogyakarta ( rho = 0,451, p = 0,0000,01)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:03
Last Modified: 01 Feb 2018 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum