EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

RAMADHANI, NIM. 13410030 (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
13410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13410030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta pada mata pelajaran Akidah kelas VIII menerapkan pembelajaran bilingual, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar atau alat komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Bahasa merupakan komponen penting dimana dengan itu terjalin hubungan antara guru, siswa, dan pesan (materi) dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran adalah adanya komunikasi yang efektif, dimana bahasa adalah alatnya. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah menggunakan bahasa Arab, bagaimana efektifitas pembelajaran akidah menggunakan bahasa Arab, dan apa faktor pendukung dan penghambat sehingga pembelajaran akidah menggunakan bahasa Arab pada kelas VIII di SMP MBS Yogyakarta dapat diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan pembelajaran akidah menggunakan bahasa Arab pada kelas VIII di SMP MBS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun pemeriksanaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi gabungan, yaitu triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran akidah menggunakan bahasa Arab pada kelas VIII di SMP MBS Yogyakarta berjalan sebagimana proses pembelajaran di sekolah pada umumnya. Bedanya adalah pembelajaran akidah di sekolah ini untuk kelas VIII menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar atau alat komunikasi. Dalam penerapannya, guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan membaca, (2) Efektifitas pembelajaran Akidah menggunakan bahasa Arab pada kelas VIII dapat dilihat dari dua sisi, yaitu efektifitas dari segi proses pembelajaran (cukup efektif) dan hasil belajar siswa (kurang efektif), dan (3) Adapun faktor pendukung dapat diterapkannya pembelajaran Akidah menggunakan bahasa Arab pada kelas VIII di sekolah ini adalah tersedianya beberapa mata pelajaran penunjang penguasaan bahasa Arab di sekolah serta adanya beberapa program pesantren yang yang berkaitan dengan bahasa. Adapun faktor penghambatnya adalah: a. Masa peralihan, b. Kurangnya kemampuan dan kesadaran siswa dalam menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran Akidah, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Feb 2018 09:02
Last Modified: 02 Feb 2018 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum