KONSEP KH. NOER ALIE TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RISKY AVIV NUGROHO, NIM. 13410079 (2017) KONSEP KH. NOER ALIE TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (KONSEP KH. NOER ALIE TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img]
Preview
Text (KONSEP KH. NOER ALIE TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah kesadaran bela naegara dan pentingnya pendidikan bela negara yang ada di masyarakat Indonesia dalam pelbagai aspek kehidupan sangat memprihatinkan. Baik itu aspek ideologi, politik, seni budaya, dan pendidikan. Khususnya di bidang pendidikan akhir-akhir ini marak terjadi tindak kekerasan, asusila, bahkan penanaman ideologi anti Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara sudah masuk di kalangan pelajar. Bela negara dan pendidikan bela negara khususnya cenderung diartikan secara sempit yaitu hanya dipraktekkan oleh kalangan militer saja, padahal bela negara wajib dilakukan oleh semua warga negara dan mereka berhak mendapatkan pendidikan bela negara. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai bagaimana konsep pendidikan bela negara menurut KH. Noer Alie dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan dan materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, majalah, dan berita yang membahas tentang konsep pendidikan bela negara menurut KH. Noer Alie, serta berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Konsep Pendidikan Bela Negara menurut KH. Noer Alie yaitu a. Adanya upaya menyadarkan warga negara untuk membela negara dalam profesinya masing-masing. Baik dari segi ekonomi, pendidikan, politik, sosial dan keagamaan. b. Unsur dari pendidikan bela negara meliputi: cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila, rela berkorban serta memiliki kemampuan fisik atau psikis. c. Bentuk bela negara ada dua yaitu fisik dan non fisik berupa bela negara sesuai dengan profesi masingmasing. 2. Adanya relevansi antara pendidikan bela negara dengan tujuan dan materi pendidikan agama Islam sebagai berikut: a. dengan tujuan pendidikan agama Islam yaitu pendidikan bela negara dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang pengetahuan agama Islam, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. dan memiliki akhlak mulia terhadap diri sendiri, masyarakat, berbangsa dan bernegara. b. Adanya relevansi dengan materi pendidikan agama Islam yaitu pendidikan bela negara memiliki kesesuaian dengan kurikulum pendidikan agama Islam kelas XI serta dapat dijadikan sebagai pengayaan materi tentang pendidikan bela negara yang ada di dalam kurikulum pendidikan agama Islam kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pendidikan, Bela Negara, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Feb 2018 10:35
Last Modified: 05 Feb 2018 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum