KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KKNI DAN SNPT BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PENDIDIKAN (STUDI ATAS KURIKULUM 2016 DI PROGRAM STUDI PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

AHMAD SYAFII, NIM.13410154 (2017) KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KKNI DAN SNPT BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PENDIDIKAN (STUDI ATAS KURIKULUM 2016 DI PROGRAM STUDI PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KKNI DAN SNPT BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PENDIDIKAN (STUDI ATAS KURIKULUM 2016 DI PROGRAM STUDI PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
13410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img]
Preview
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KKNI DAN SNPT BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PENDIDIKAN (STUDI ATAS KURIKULUM 2016 DI PROGRAM STUDI PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
13410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam dunia pendidikan tidak dapat dilepaskan dari ideologi yang diusungnya. Persoalan ideologi dalam pendidikan ini menarik karena berhubungan dengan nilai atau pola gagasan yang tercermin dalam kehidupan manusia. Perguruan tinggi sebagai salah satu bagian penting dalam kehidupan harus dapat memberikan penyegaran terhadap kebudayaan manusia. Untuk itu maka pola gagasan di dalam ideologi pendidikan dari kurikulum perguruan tinggi menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana ideologi pendidikan yang dianut di dalam kurikulum perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran profil secara umum adalah untuk mencapai profil lulusan. Terdapat tiga profil lulusan PAI yaitu pendidik, konselor pendidikan, dan peneliti pendidikan. tujuan kurikulum berupa capaian pembelajaran. Materi kurikulum adalah mata kuliah yang merupakan turunan dari kurikulum. Metode kurikulum menggunakan prinsip student centered learning (SCL), dan evaluasi kurikulum menggunakan sistem rubrik. 2) Muatan ideologi pendidikan yang terdapat padaKurikulum mengacu KKNI dan SNPT berparadigma Integrasi-Interkoneksi yang diterapkan di Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah ideologi yang bersifat eklektik. Hal ini menunjukkan bahwa ideologi pendidikan dalam kurikulum memiliki karakteristik tersendiri yang khas. Adapun saran untuk pengembangan kurikulum ke depan adalah sebagai berikut: 1) Pengelola Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seyogyanya ke depan dapat terus meningkatkan dan mengembangkan nilai yang terdapat dalam Kurikulum Program Studi. Kurikulum dikembangkan dengan menekankan pada living kurikulum. 2) Pemerintah sebagai pemegang kebijakan ke depan seharusnya pengembangan kebijakan kurikulum Pendidikan Tinggi lebih ditekankan sesuai dengan ideologi bangsa yaitu Pancasila. Kurikulum Pendidikan Tinggi seyogyanya mencerminkan ideologi dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi- Interkoneksi, Ideologi Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:03
Last Modified: 06 Feb 2018 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum