KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU DI SMP N 1 PLERET BANTUL

LESTARI AYU TIYAS SARI, NIM. 13410166 (2017) KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU DI SMP N 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU DI SMP N 1 PLERET BANTUL)
13410166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU DI SMP N 1 PLERET BANTUL)
13410166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan kompetensi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru yang lain. Guru pendidikan agama Islam memiliki tambahan kompetensi yaitu kompetensi kepemimpinan. Pelaksanaan kompetensi kepemimpinan di sekolah sendiri sangatlah membantu dalam hal penerapan maupun pengamalan ajaran agama. Dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinan ini guru pendidikan agama Islam haruslah mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan profesi. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan profesi tersebut adalah mengikuti workshop, seminar, forum ilmiah dan penilaian kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan kegiatan pengembangan profesi guru di SMP Negeri 1 Pleret dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti dalam kegiatan forum ilmiah guru, penilaian kinerja guru dan kegiatan monitoring kelas. Selain itu dengan mengikuti berbagai kegiatan seminar serta workshop. Kegiatan tersebut dapat mempengaruhi kegiatan dalam pengamalan agama yang ada di SMP Negeri 1 Pleret. (2) hasil pelaksanaan pengembangan profesi guru pendidikan agama Islam antara lain adalah: untuk memudahkan guru dalam mengomunikasikan problem-problem di kelas, meningkatkan inerja guru, dan dalam kegiatan belajar mengajar semakin disiplin dan memberikan iklim serta kondusif. Sedangkan dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinan yaitu berupa bertambahnya pengalaman dan kemampuan guru dalam mengkondisikan kelas dan dalam kegiatan belajar mengajar. (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan profesi yaitu: adanya kemudahan dalam menerima informasi dalam kegiatan-kegiatan dan dukungan dari pihak sekolah yang ikut menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi guru. Selain itu dukungan dari lingkungan sekolah juga dapat memberikan semangat dalam mengembangkan profesinya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: minimnya waktu yang dimiliki, jarak tempuh yang jauh serta faktor usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengembangan Profesi, Kompetensi Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Profesi, Kompetensi Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:32
Last Modified: 06 Feb 2018 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum