PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

RIA ANDINA, NIM. 13410175 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410175_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410175_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya intoleransi dalam praktek pendidikan. Untuk meminimalisir adanya intoleransi dalam pendidikan, perlu menanamkan nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul merupakan contoh sekolah yang telah menanamkan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja, bagaimana, dan hasil yang dicapai dalam penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di dalam kelas dan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja nilai-nilai multikultural, bagaimana penanaman nilai-nilai multikultural, dan hasil yang dicapai dalam penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif yaitu analisis yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai multikultural meliputi nilai kesamaan, nilai keadilan, nilai demokrasi, dan nilai toleransi. (2) Proses penanaman dalam kelas melalui tujuan, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan diluar kelas melalui kegiatan kurban, infak, ekstrakurikuler tata boga, dan ekstrakurikuler tari (3) Hasil yang dicapai dalam penanaman nilai-nilai multikultural terlihat dari perilaku sehari-hari siswa, dan diwujudkan dalam bentuk penciptaan suasana lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Penanaman Nilai-nilai Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:38
Last Modified: 06 Feb 2018 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum