EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

ISNATUN KHANIFAH, NIM. 13410176 (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
13410176_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
13410176_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya akhlak dalam tercapainya tujuan pendidikan islam yang bukan hanya menjadi tanggung jawab lembaga formal, tetapi juga lembaga non formal seperti pesantren. Permasalahannya, orang-orang awam selalu berpandangan bahwa orang yang berada dipesantren selalu berakhlak mulia, padahal faktanya tidak semua orang yang di pesantren seperti itu dan itulah yang menjadi tantangan pesantren dalam mewujudkannya. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak santri pelajar dan bagaimana efektivitas layanan bimbingan dan konseling islami dalam pembinaan akhlak santri pelajar di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan efektivitas pembinaan akhlak melalui layanan bimbingan dan konseling islami meliputi proses dan metode dalam pembinaan akhlak tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemilihan data yang telah diperoleh kemudian penyajian data yang sudah dikumpulkan dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, pelaksanaan pembinaan akhlak santri dapat dilakukan dengan proses pembinaan akhlak seperti membekali santri dengan kebiasaan keagamaan, membimbing santri bertanggung jawab dan melatih mental, membimbing santri peduli lingkungan sekitar dan membimbing santri merubah perilaku buruk menjadi perilaku baik. Selain itu, dalam pelaksanaan pembinaan akhlak menggunakan metode seperti: pembiasaan, paksaan, keteladanan dan takziran (hukuman). Kedua, hasil pembinaan akhlak santri melalui layanan bimbingan dan konseling islami sudah cukup baik dan dapat dikatakan efektif, hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya tujuan pendidikan yang dirancang oleh pondok pesantren dan hasil proses dari pembinaan akhlak itu sendiri, yang keseluruhannya sudah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: bimbingan, konseling, pembinaan akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:50
Last Modified: 06 Feb 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum