IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BIOLOGI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA

Retno Gumilang, NIM. 12680046 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BIOLOGI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BIOLOGI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA)
12680046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BIOLOGI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA)
12680046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persentase siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep dan mengalami miskonsepsi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan (2) konsep dimana siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab butir soal materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Depok Yogyakarta. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Depok yang terdiri dari 96 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif soal multiple choice yang dilengkapi dengan lembar respon CRI dimana dalam menjawab soal, siswa diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya disesuaikan dengan tingkat kepercayaan siswa dalam menjawab soal. Data dianalisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih dengan nilai CRI yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa konsep materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan persentase miskonsepsi kelas XI IPA SMAN 1 Depok sebesar 20,19%, tahu konsep sebesar 33,20% dan tidak tahu konsep sebesar 46,84% dengan subkonsep paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal adalah subkonsep jaringan epidermis, jaringan penyusun organ daun dan struktur organ batang. Kata kunci : miskonsepsi, certainty of response index, jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, certainty of response index, jaringan tumbuhan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:44
Last Modified: 12 Feb 2018 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum