PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARNEGARA

FAHRUROZI, NIM. 13410194 (2017) PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARNEGARA)
13410194_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13410194_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARNEGARA)
13410194_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah program baru madrasah aliyah keterampilan tata busana harus relevan dengan pendidikan agama Islam. Program Tata Busana di Madrasah Aliyah perlu diarahkan agar menjadi ciri khas busana muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi program keterampilan tata busana terhadap tujuan pendidikan agama Islam di MAN 2 Banjarnegara. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana relevansi program keterampilan tata busana dengan tujuan pendidikan agama Islam di MAN 2 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek penelitian adalah Guru keterampilan Tata Busana, informan penelitian adalah Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Guru Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Al-Qur’an Hadits, serta siswa kelas X keterampilan Tata Busana. Analisis data yang digunakan menurut Miles dan Hiberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, menggunakan teknik keabsahan data dengan melakukan pencatatan data secara teliti dilapangan, dan membandingkan hal-hal yang dicapai melalui metode wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa relevan dengan tujuan pembelajaran tiga mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu Fiqih, Aqidah akhlak dan Al-Qur’an hadits. Ketiga mata pelajaran tersebut dapat dijadikan dasar untuk membekalli siswa dengan pemahaman berbusana sesuai syariat Islam. Mata pelajaran yang paling relevan adalah Aqidah Akhlak pada materi adab berpakaian. Kegiatan di luar kelas dalam bentuk penertiban pakaian dan fashion show busana muslimah sebagai bentuk penerapan akhlak berbusana muslimah juga memiliki relevansi dengan program keterampilan tata busana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Tata Busana, Relevansi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:03
Last Modified: 07 Feb 2018 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum