PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Mahfirah Ekasari, NIM. 13680030 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA)
13680030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DISERTAI VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA)
13680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan yaitu data N-Gain. Analisis data menggunakan uji Kruskall Wallis untuk motivasi belajar siswa dan uji One Way of Variance untuk hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Kruskall Wallis menunjukan asymp. sig. sebesar 0,047 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script disertai video terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji One Way Anova of Variance untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,027 < 0,05. Berdasarkan uji lanjut Tukey hasil belajar aspek kognitif menunjukkan bahwa kelas eksperimen 2 mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap kelas kontrol. Kata kunci: Cooperative Script, Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistyawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2018 20:47
Last Modified: 07 Feb 2018 20:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum