PERANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA N 9 YOGYAKARTA

MUCHAMAD MUFID, NIM. 13410207 (2017) PERANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA N 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA N 9 YOGYAKARTA)
13410207_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA N 9 YOGYAKARTA)
13410207_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sering terijadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikal. Kecenderungannya, sekolah umum ternyata menjadi ladang meningkatnya intoleransi dibanding sekolah berbasis agama. Guru PAI mempunyai peran untuk memberikan pemahaman tentang akidah yang benar dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan sebagai bekal untuk dapat mencegah gesekan-gesekan antar umat Islam maupun umat beragama serta menghindari ajaran radikal untuk mencegah aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi, dengan sumber data Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Peserta Didik di SMA N 9 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peran guru PAI dalam menangkal radikalisme yaitu guru mengajarkan agama Islam secara kontekstual, mengajarkan toleransi, dan cinta perdamaian. Guru membimbing untuk saling hidup rukun dan menghindari saling hujat. Guru menjadi penengah diatas perbedaan pendapat. Guru menjadi teladan dalam hal toleransi dan berinisiatif mengadakan kegiatan keagamaan yang bermanfaat. Guru selalu mengevaluasi hasil belajar maupun kegiatan keagamaan Islam. Kedua, Upaya strategis guru PAI dalam menangkal radikalisme ada dua yaitu a) melalui pembelajaran materi berisi cara dakwah Nabi yang santun, penentuan hukum Islam untuk dapat memahami perbedaan pendapat, dan akhlak mulia serta menggunakan strategi inklusif dan kontekstual yang mengedepankan keterbukaan. b) melalui kegiatan keagamaan guru PAI memberikan tambahan pemahaman Islam yang tidak menimbulkan fanatisme golongan dan pembiasaan amal sholeh. Ketiga, Hasil peran guru PAI dalam menangkal radikalisme pada konteks PAI. a. Peserta didik memahami radikalisme dan bahayanya. b. Peserta didik menolak aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama. c. Peserta didik bersikap toleran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Radikalisme, SMA N 9 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:29
Last Modified: 02 Oct 2020 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum