PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Poppy Indriany, NIM. 13680039 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI)
13680039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI)
13680039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu masalah dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran konvensional dengan Direct Instruction (DI) dan proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa; 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment Design dengan rancangan penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol DI, kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen STAD. Teknik pengambilan data motivasi belajar siswa menggunakan angket, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi virus. Teknik analisis data motivasi belajar menggunakan uji statistik Mann Whitney U. dan analisis data hasil belajar menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney U. menunjukan Asymp. sig. sebesar 0,001 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Independent Sampel T-Test nilai posttest menunjukan nilai Asymp. sig. sebesar 0,019 < 0,05. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:45
Last Modified: 12 Feb 2018 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum