TAFSIR AULIYA’ MENURUT ATH-THABARI DALAM KITAB JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WILI AYIL QUR’AN ( KRITIK ATAS DOKTRIN RADIKALISME DI INDONESIA )

IWAN PARTA, NIM. 1420510117 (2017) TAFSIR AULIYA’ MENURUT ATH-THABARI DALAM KITAB JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WILI AYIL QUR’AN ( KRITIK ATAS DOKTRIN RADIKALISME DI INDONESIA ). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAFSIR AULIYA’ MENURUT ATH-THABARI DALAM KITAB JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WILI AYIL QUR’AN ( KRITIK ATAS DOKTRIN RADIKALISME DI INDONESIA ))
1420510117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAFSIR AULIYA’ MENURUT ATH-THABARI DALAM KITAB JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WILI AYIL QUR’AN ( KRITIK ATAS DOKTRIN RADIKALISME DI INDONESIA ))
1420510117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kata auliya’ dalam al-Qur’an menurut perspektif Imam Thabari. Penulis menganggap pembahasan ini sangat urgent, karena perdebatan ini tidak hanya pada ranah pemikiran, tapi sudah sampai mempengaruhi sikap dan prilaku umat muslim terhadap toleransi keberagamaan yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah mengetahui makna apa saja yang terkandung dalam kata auliya’ pada setiap ayat dalam al-Qur’an. Bagaimana konteks dan kotenkstualisasi ayat-ayat auliya dalam menghadapi derasnya paham-paham radikal di Indonesia, yang dapat memecah belah kebhinekaan bangsa. Jenis penelitian ini adalah liberary research untuk menjelaskan kandungan makna kata auliya’ yang otentik, dengan data primer kitab tafsir athabary jami’ al-bayan ‘an takwili ayil Qur’an karena menurut peneliti karyanya adalah karya yang kuat untuk dijadikan rujukan dan jauh dari tendensi berbagai kepentingan terutama politik. Dan penelitian ini bersifat deskriptif-analitis artinya penelitian dilakukan dengan meneliti, mengolah data, menganalisis, dan enginterpretasikan pokok rumusan masalah untuk mendapatkan gambaran tentang konsep auliya’ menurut Thabari. Untuk itu peneliti menggunakan metode tafsir maudu’I atau tematik, sebagai langkah praktis mendekati perspektif Thabari pada tema yang penulis angkat. Dan penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama, kata auliya’ menurut Thabari berarti مُنْقِذ ,حَافِظ , أصَْدِقاءٌ , إ لِه /ٌ رٌب مٌِن دٌونِ اٌلله , العَصَبَة , نَاصِرٌ , dan berbagai makna lain seperti pendidik, pendamping, pemelihara dan tuan. Tidak ada penjelasan Thabari yang menyebutkan kata tersebut bermakna pemimpin, apalagi pemimpin dalam pemerintahan negara-bangsa. Dan karena banyaknya kandungan kata auliya’ , maka secara hukum ayat tersebut bersifat ẓanniy bukan qaṭ’y . Kedua, penafsiran Thabari dapat dijadikan pegangan yang kuat sebagai rujukan ketika ada perdebatan tentang makna teks, karena melihat latar belakang dan perjalanan hidupnya Thabari adalah seorang mufassir yang tidak terkontaminasi oleh berbagai kepentingan diluar keilmuannya. Sebab selain beliau orang yang zuhud, tidak akan ditemukan dalam karyanya suatu penjelasan kecuali hal tersebut datang dari hadis nabi, penjelasan sahabat, dan pendapat-pendapat ulama serta gurunya. Ketiga, kata auliya’ digeneralisir oleh kelompok radikal dengan alasan menjadikan teman saja tidak boleh “apalagi” dijadikan pemimpin, ini adalah kekeliruan. Karena jika ingin melihat suatu sebab hukum berdasarkan kaidah fiqhiyah dengan metode qiyas aulawiy, harus dilihat terlebih dahulu illat yang menjadi sebab suatu dilarang. sedang pada koteks ayat yang melarang bermuamalah dengan dengan non-muslim adalah khianat bukan karena kekafirannya. Maka jika seorang non-muslim tersebut tidak berkhianat kepada umat muslim, maka larangan tersebut tidak berlaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mustaqim, S. Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Tafsir Auliya’, Ath-Thabari, Kitab Jami’ Al-Bayan ‘An Ta’wili Ayil Qur’an, Doktrin Radikalisme
Subjects: Qur'an Hadis
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:50
Last Modified: 07 Feb 2018 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum