NUZUM AL MA 'RIFAH FI TAFSIR AYAT AL JIHAD (Dirasah 'Ala Tafsir asy Syaikh Tuan Suwannasas : Al Qur'an Tarjamah Wa Tafsir Bi al Lugah at Tailandiah)

ARID MARASA, NIM: 1520510077 (2017) NUZUM AL MA 'RIFAH FI TAFSIR AYAT AL JIHAD (Dirasah 'Ala Tafsir asy Syaikh Tuan Suwannasas : Al Qur'an Tarjamah Wa Tafsir Bi al Lugah at Tailandiah). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NUZUM AL MA 'RIFAH FI TAFSIR AYAT AL JIHAD (Dirasah 'Ala Tafsir asy Syaikh Tuan Suwannasas : Al Qur'an Tarjamah Wa Tafsir Bi al Lugah at Tailandiah))
1520510077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NUZUM AL MA 'RIFAH FI TAFSIR AYAT AL JIHAD (Dirasah 'Ala Tafsir asy Syaikh Tuan Suwannasas : Al Qur'an Tarjamah Wa Tafsir Bi al Lugah at Tailandiah))
1520510077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dengan melihat dalam konteks masyarakat Thailand, jihad adalah salah satu isu yang masih menjadi titik perdebatan antara umat Islam, dimana isu jihad menandatangani dampak perselisihan antara warga negara di negeri ini. Untuk menjelaskan makna-makna al-Qur'an dan menafsirkan teksnya para ulama menulis banyak buku, telah menulis Syaikh Tuan Suwannasas sebuah tafsir dalam Bahasa Thai yang bernama "al-Qur'an Terjemah dan Tafsir dalam bahasa Thai". Penafsiran ini penting untuk dipelajari karena telah mempengaruhi Dalam pandangan masyarakat Thailand tentang ajaran Islam, khususnya isu jihad. Dan dengan teori epistemologi dalam ilmu filsafat yang digunakan untuk studi penafsiran Syaikh Tuan Suwannasas ini, kita bisa mengetahui sumber penafsirannya, bagaimana pendekatan yang digunakan oleh Syaikh dalam proses penafsirannya, dan validitas penafsirannya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini ialah metode Induktif. Proses induktif ini diterapkan berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan dilakukan analisis. Sedangkan pendekatan yang hendak penulis gunakan dalam kajian ini adalah dengan pendekatan historis dan pendekatan filosofis. Penggunaan pendekatan ini dimaksudkan untuk menganalisis tiga unsur kajian, yakni: (a) menganalisis teks itu sendiri; (b) merunut akar-akar historis secara kritis latar belakang tokoh tersebut; dan (c) menganalisa kondisi sosio-historis yang melingkupi tokoh tersebut. Melalui penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa tafsir "al-Qur'an terjemahan dan tafsir dalam Thai" telah terpengaruh sebagian besar gagasan para ulama di usia pertengahan, baik pandangan religius maupun pendekatan metodologisnya. Sumber-sumber penafsirannya termasuk dari al-Qur'an, hadis, aqwal as-salaf, qutub at-tafsir, dan al-'aql. Mengingat sumber-sumber yang digunakan oleh Syaikh Tuan Suwannasas dalam penafsirannya, tafsir ini mengarah pada tafsir bi ar-ra'yi, namun metode yang di gunakan dalam menafsirkan adalah metode at-tahlili. Untuk alasan ini teori-teori filsafat yang bida diukur validitas penafsiran dalam tafsir ini adalah teori koherensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ayat jihad
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Al Qur'an dan Hadits (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2018 15:11
Last Modified: 14 Feb 2018 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum