STUDI KOMPARASI KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII BERMUATAN KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA

MOHAMMAD FADLI HIDAYAT, NIM. 13420024 (2017) STUDI KOMPARASI KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII BERMUATAN KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII BERMUATAN KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA)
13420024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII BERMUATAN KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA)
13420024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Buku teks merupakan salah satu media untuk mewujukan tujuan pembelajaran. Buku teks menjadi bahan ajar yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks pelajaran bahasa Arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran bahasa Arab terbitan Kemenag dan Toha Putra. Kedua buku teks ini dibandingkan kualitasnya dari 4 aspek komponen kelayakan menurut standar BSNP, yaitu : kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Dalam menyusun penelitian ini penulis menggunakan metode content analysis yang dilakukan secara sistematik, objektif, dan kuantitatif. Adapun langkah dalam menganalisis isi, yaitu : merumuskan masalah penelitian; melakukan studi pustaka; menentukan unit observasi dan unit analisis; menentukan sampel; menentukan variabel; membuat kategorisasi dan pedoman pengodingan; mengumpulkan data; melakukan koding data (data coding); mengolah data,menyajikan data dan memberikan interpretasi dan terakhir adalah menyusun laporan hasil penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa penilaian terhadap buku teks pelajaran bahasa Arab. Buku terbitan Kemenag menunjukan kualitas isi 87,50 %, penyajian 52,78 %, bahasa 87,50 %, dan kegrafikan 86,58 %. Sementara buku terbitan Toha Putra menunjukan kualitas isi 90,28 %, penyajian 83,33 %, bahasa 75 %, dan kegrafikan 95,83 %. Berdasarkan perbandingan yang dilakukan pada setiap komponen kelayakan buku teks, buku terbitan Kemenag hanya unggul pada aspek bahasa saja. Sementara buku terbitan Toha Putra unggul pada ketiga aspek lainnya (aspek isi, penyajian, dan kegrafikan). Adapun prosentase secara umum dari perbandingan kedua buku tersebut adalah buku teks terbitan Kemenag 80,61 % (baik), dan buku teks terbitan Toha Putra 90,82 % (sangat baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Kualitas buku teks
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Feb 2018 14:07
Last Modified: 20 Feb 2018 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum