UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

CICYLIA YULIANA EFENDI, NIM. 13420035 (2017) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan yang dihadapi siswa dalam keterampian Qiro’ah dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa terhadap keterampilan Qiro’ah kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi peneliti yang berkenaan dengan kesulitan siswa terhadap keterampilan Qiro’ah serta peningkatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukanmelalui metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui beberapa masalah yang menjadikan siswa kesulitan dalam membaca di kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta yaitu pertama : Kesulitan Linguistik : sistem penulisan Arab yang khas dan tidak adanya syakl (Harakat). Kedua : Kesulitan Sosial Budaya : latar belakang pendidikan siswa dan lingkungan tempat tinggal siswa. Ketiga : Kesulitan Metodologis : materi pelajaran siswa, dan media pembelajaran. Upayaupaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa terhadap keterampilan qiro’ah kelad VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta yaitu setiap diawal pertemuan guru slalu meminta siswa untuk mengulang pelajaran, dengan cara membacamateri yang telah diajarkan, menyuruh siswa untuk menghafal kosa kata minimal 5 kosa kata setiap pertemuan, mengajari siswa untuk memakai kamus karena tidak sedikit siswa yang belum bisa menggunakan kamus bahasa Arab, meyuruh siswa untuk mengikuti kegiatan BTA, mengingatkan slalu kepada siswa untuk rajin membaca Al-Qur’an dirumah, memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya belajar bahasa Arab, terutama dalam membaca teks Arab seperti membaca Al-Qur’an, do’a-do’a dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM.,
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa terhadap Keterampilan Qiro’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Feb 2018 14:31
Last Modified: 20 Feb 2018 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum