KOMPARASI MATERI BUKU SHOROF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DAN BUKU TERJEMAH AL-AMS|ILAH AL-TASRIFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI)

NUR AMINAH SEPTININGRUM, NIM. 13420063 (2017) KOMPARASI MATERI BUKU SHOROF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DAN BUKU TERJEMAH AL-AMS|ILAH AL-TASRIFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI MATERI BUKU SHOROF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DAN BUKU TERJEMAH AL-AMS|ILAH AL-TASRIFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI))
13420063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI MATERI BUKU SHOROF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DAN BUKU TERJEMAH AL-AMS|ILAH AL-TASRIFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI))
13420063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya buku teks dalam proses pembelajaran. Buku teks yang merupakan salah satu faktor yang menunjang berhasilnya kegiatan pembelajaran mampu membantu pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, maksud dari penelitian ini adalah untuk manganalisis dua buku pelajaran saraf yang sering digunakan, yaitu buku Shorof Praktis Metode Krapyak dan buku Terjemah al-Ams|ilah al-Tasrifiyyah dari segi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi, juga untuk membandingkan tingkat kesesuaian materi pada dua buku tersebut dengan metodologi penulisan buku, kemudian mengkomparasikan kedua buku itu. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dan manfaat kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pembelajaran saraf, serta dapat memilih buku yang baik untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan dua objek penelitian yaitu buku Shorof Praktis Metode Krapyak dan buku Terjemah al-Ams|ilah al-Tasrifiyyah karya Ustadz Abdul Kholiq. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan teknik komparasi atau perbandingan dan metode analisa data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam desain penyajian materi yang dilihat dari aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi pada buku Shorof Praktis Metode Krapyak dan buku Terjemah al-Ams|ilah al-Tasrifiyyah sudah cukup baik sebagai buku teks. Untuk buku Shorof Praktis Metode Krapyak jenis gradasi yang digunakan adalah gradasi putar, sedangkan untuk buku Terjemah al-Ams|ilah al-Tasrifiyyah menggunakan gradasi lurus. untuk aspek presentasi, dua buku tersebut menggunakan prosedur presentasi yang sama, yaitu prosedur diferensial dan kontekstual. Adapun untuk kesesuaian penulisan buku, perbandingan dua buku tersebut dengan metodologi penulisan buku teks menunjukkan bahwa adanya kesesuaian yang tidak sempurna, karena ada beberapa unsur pada sebagian aspek metodologi penulisan buku teks yang tidak terliput dalam buku-buku tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: studi Komparasi, metodologi penulisan buku teks, buku Shorof Praktis Metode Krapyak, buku Terjemah al-Ams|ilah al-Tasrifiyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:37
Last Modified: 21 Feb 2018 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum