ANALISIS BUKU TEKS “AYO BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MI KELAS II” KARYA FIRMAN HAMDANI DKK (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK)

INAYATUL IZZAH, NIM. 13420075 (2017) ANALISIS BUKU TEKS “AYO BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MI KELAS II” KARYA FIRMAN HAMDANI DKK (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS “AYO BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MI KELAS II” KARYA FIRMAN HAMDANI DKK (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
13420075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “AYO BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MI KELAS II” KARYA FIRMAN HAMDANI DKK (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
13420075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika dan metode penulisan buku “Ayo Belajar Bahasa Arab”, kesesuaiannya sebagai buku teks bahasa Arab untuk non-Arab dan analisis penyajian kosakata berdasarkan seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Serta kualitas materi buku tersebut menggunakan perspektif psikologi perkembangan peserta didik Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Sementara itu, dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif dan analisis isi. Analisis dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:1) menggali informasi terkait buku tersebut 2) menentukan teori sebagai pedoman analisis 3) mengkomparasikan materi buku teks dengan teori yang digunakan 4) mengklasifikasikan data berdasarkan pada kriteria yang ditentukan yang sesuai dengan rumusan masalah dan 5) dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku ini 1) sistematika penulisannya pada setiap bab diawali dengan kosakata sebagai materi pokok kemudian percakapan, dan bacaan beserta bentuk latihan masing-masing serta latihan menulis. Metode penulisan buku ini menggunakan media gambar, ilustrasi dan lagu, tidak terdapat materi penjelasan kaidah melainkan diaplikasikan langsung terhadap materi, serta tidak ada CD/Kaset sebagai pelengkap buku. 2) buku ini baik digunakan untuk pelajar non-Arab dan 3) buku ini sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas II MI berdasarkan perkembangan kognitif, pemerolehan bahasa kedua serta perkembangan motorik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Teks, Bahasa Arab, Psikologi Perkembangan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 10:02
Last Modified: 21 Feb 2018 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum