AKTUALISASI PROSES TAUBAT DALAM FILM(Analisis Semiotik Terhadap Film Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazi)

Akad Herwandi, NIM. 07210080 (2012) AKTUALISASI PROSES TAUBAT DALAM FILM(Analisis Semiotik Terhadap Film Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI PROSES TAUBAT DALAM FILM (Analisis Semiotik Terhadap Film Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazi))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI PROSES TAUBAT DALAM FILM (Analisis Semiotik Terhadap Film Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazi))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Film “Dalam Mihrab Cinta” diangkat dari sebuah novel best seller karangan Habiburrahman El Shirazy, yang menceritakan aktualisasi proses taubat seorang tokoh utama yaitu Samsul Hadi. Penelitian ini berjudul “Aktualisasi Proses Taubat Dalam Film (Analisis Semiotik terhadap Film Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy). Penelitian ini ingin memahami secara mendalam aktualisasi proses taubat dalam film “Dalam Mihrab Cinta” melalui analisis semiotika. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi proses taubat yang digambarkan dalam Film “Dalam Mihrab Cinta” Karya Habiburrahman El Shirazy?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktualisasi proses taubat yang digambarkan dalam Film “Dalam Mihrab Cinta” Karya Habiburrahman El Shirazy. Film memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menjangkau banyak segmen sosial, karena film memiliki potensi untuk mempengaruhi khalayak luas. Salah satunya adalah mempengaruhi khalayak untuk bertaubat. Hakikat taubat menurut arti bahasa adalah “kembali”. Kata taba berarti kembali, maka taubat maknanya juga kembali. Artinya, kembali dari sesuatu yang dicela dalam syari’at menuju sesuatu yang dipuji dalam syari’at. Taubat merupakan istilah yang terbangun dari tiga variabel yaitu ilmu, keadaan dan amal. Ilmu akan menghasilkan keadaan dan keadaan akan menghasilkan amal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah film “Dalam Mihrab Cinta” Karya Habiburrahman El-Shirazy. Obyek penelitiannya adalah scene-scene proses taubat dalam film Dalam Mihrab Cinta. Analisis data dalam penelitian ini, menggunakan analisis semiotik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktualisasi proses taubat yang digambarkan dalam Film “Dalam Mihrab Cinta” Karya Habiburrahman El Shirazy yaitu (1) Diawali dengan keterjagaan dari keterlelapan lupa dan kemampuan saling melihat sesuatu pada dirinya yang hakikatnya merupakan bagian dari keadaannya yang buruk; (2) Upaya mendapatkan ilmu. Ilmu akan menghasilkan keadaan dan keadaan akan menghasilkan amal; (3) Keadaan menjadi lebih baik dengan adanya perubahan dalam diri; (4) Amal. Pengalaman dan keilmuan yang telah diperoleh Hadi selanjutnya diamalkan. Baik dalam bentuk perilaku maupun dikemas dalam materi ceramahnya untuk mengajak jamaah berbuat lebih baik lagi dan berusaha untuk terus memperbaiki diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi Proses Taubat, Analisis Semiotik
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2018 14:18
Last Modified: 01 Mar 2018 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum