SELF-HELP PECANDU NAPZA: PRINSIP, PELAKSANAAN DAN PENGALAMAN EMPAT PECANDU NAPZA DI LEMBAGA REHABILITASI KUNCI YOGYAKARTA

Arina Mufrihah, NIM. 08220031 (2012) SELF-HELP PECANDU NAPZA: PRINSIP, PELAKSANAAN DAN PENGALAMAN EMPAT PECANDU NAPZA DI LEMBAGA REHABILITASI KUNCI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SELF-HELP PECANDU NAPZA: PRINSIP, PELAKSANAAN DAN PENGALAMAN EMPAT PECANDU NAPZA DI LEMBAGA REHABILITASI KUNCI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (SELF-HELP PECANDU NAPZA: PRINSIP, PELAKSANAAN DAN PENGALAMAN EMPAT PECANDU NAPZA DI LEMBAGA REHABILITASI KUNCI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan prinsip-prinsip, pelaksanaan self-help pecandu NAPZA dan pengalaman empat pecandu NAPZA di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta (RKY). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 responden yang dimintai keterangan tentang pengalaman dan pengetahuannya tentang prinsip-prinsip dan pelaksanaan self-help melalui metode wawancara. Sedangkan dokumentasi diperoleh dari catatan konseling berupa catatan perkembangan klien dalam Support Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta, self-help pecandu NAPZA menggunakan nama Narcotics Anonymous (NA) untuk kelompoknya dan mereka menjalankan prinsip-prinsip yang ada selama berproses di RKY. Self-help sendiri secara terjadwal dilaksanakan dalam Support Group dan morning meeting. Sedangkan secara tak terencana terlaksana saat pertemuan kelompok seperti halnya kelas siang yang dibentuk seperti sebuah seminar. Kedua subjek yang diambil dari klien menyatakan bahwa selama mengikuti kegiatan kelompok mereka mengalami perubahan pola perilaku dan pola pikir. Sedangkan dua subjek lainnya yang diambil dari konselor dan motivator menjelaskan bagaimana cara mereka menerapkan program dan prinsip-prinsip yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap klien di RKY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moch. Nur Ichwan, MA
Uncontrolled Keywords: Self-help, Narcotics Anonymous, pertemuan kelompok.
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:27
Last Modified: 27 Feb 2018 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum