PESAN-PESAN PROSOSIAL FOTO JURNALISTIK PENGUNGSI MERAPI PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI NOVEMBER 2010

Beni Sjamsuddin Toni, NIM. 08210037 (2012) PESAN-PESAN PROSOSIAL FOTO JURNALISTIK PENGUNGSI MERAPI PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI NOVEMBER 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PESAN-PESAN PROSOSIAL FOTO JURNALISTIK PENGUNGSI MERAPI PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI NOVEMBER 2010)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PESAN-PESAN PROSOSIAL FOTO JURNALISTIK PENGUNGSI MERAPI PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI NOVEMBER 2010)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Beni Sjamsuddin Toni. 08210037. Skripsi : “Pesan-pesan Prososial Foto Jurnalistik Pengungsi Merapi Pada SKH Kedaulatan Rakyat Edisi November 2010”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Pada awalnya koran atau surat kabar hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pembacanya, namun seiring perkembangan zaman fungsi koran pun menjadi salah satu media untuk menggerakkan pembacanya dalam hal-hal tertentu terkait informasi yang disajikan. Dalam hal ini membantu korban bencana alam erupsi Gunung Merapi yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2010 silam setelah membaca dan melihat foto-foto jurnalistik terkait kejadian tersebut di sejumlah surat kabar. SKH Kedaulatan Rakyat sebagai salah satu koran lokal di Yogyakarta memberi ruang tersendiri terhadap pemuatan foto-foto jurnalistik semacam itu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pesan prososial yang ingin disampaikan oleh foto jurnalistik pengungsi Merapi kepada para pembaca yang dimuat di SKH Kedaulatan Rakyat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sifatnya deskriptif dokumentatif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat kategori foto jurnalistik yang mampu menimbulkan perilaku prososial, yakni foto jurnalistik tersebut harus mengangkat tema tentang human interest, objek foto berupa tingkah laku atau kegiatan manusia diluar kebiasaan masyarakat pada umumnya (unusual) serta mampu menarik empati, penulisan caption yang mengandung 5W+1H, penggunaan tipe shoot atau camera angle disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. Kemudian pesan prososial yang ingin disampaikan dari foto yang dianalisis adalah membantu pengungsi dalam hal pengadaan masker, tetes mata, selimut, ruang bermain anak, obat-obatan, serta pengadaan sarana belajar yang memadai bagi para anak korban erupsi Merapi 2010 silam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Jurnalistik
Subjects: Foto-foto Kegiatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2018 14:18
Last Modified: 01 Mar 2018 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum