LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI YOGYAKARTA 1

CAHYA PURWANDI, NIM. 13220031 (2017) LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI YOGYAKARTA 1)
13220031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI YOGYAKARTA 1)
13220031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

CAHYA PURWANDI, 13220031, Layanana Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar bagi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Yogyakarta 1. Jurusuan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017. Latar belakang penyusunan skripsi ini berdasarkan hasil Daftar Cek Masalah yang diisi siswa MTs Negeri Yogyakarta 1 pada awal tahun ajaran menunjukan hasil yang tinggi mengenai kesulitan belajar. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk-bentuk kesulitan belajar dan bantuan yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar bagi siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2016/2017 di MTs Negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta 1. Pengumpukan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII berjumlah 6 dan Guru bimbingan dan konseling. Sedangkan obyek penelitian adalah bentuk kesulitan belajar dan bantuan mengatasi kesulitan belajar oleh guru bimbingan dan konseling. Analisis data mengggunakan metode deskripsif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa MTsN Yogyakarat 1 yaitu kurang minat pada studi tertentu, bentrok dengan guru, kurang usaha dalam memahami mata pelajaran dan waktu belajar. Sedangkan langkah-langkah layanan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di MTsN Yogyakarta 1adalah: Pertama, layanan bimbingan individu : 1) Identifikasi Siswa, 2) Mengatur Waktu, 3) Mempersiapkan tempat, 4) membahas permasalahan, 5) Hasil yang dicapai. Kedua, bimbingan kelompok : 1) Pembentukan kelompok, 2) Tahap permulaan, 3) Tahap transisi, 4) Tahap kegiatan, 5) Tahap akhir, 6) Tahap tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan belajar dan Kesulitan Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Mar 2018 07:59
Last Modified: 12 Mar 2018 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum