BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 10 SLEMAN YOGYAKARTA

TUTI MASFUHAH, NIM. 13220025 (2017) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 10 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 10 SLEMAN YOGYAKARTA)
13220025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 10 SLEMAN YOGYAKARTA)
13220025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TUTI MASFUHAH. Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Rendah MTsN 10 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang penelitian ini adalah semua siswa memiliki kemampuan dan dorongan tersendiri dalam melakukan kegiatan belajar di madrasah maupun di sekolah umum yang lainnya. Tidak semua siswa mempunyai daya pikir yang tinggi untuk menerima dengan mudah semua mata pelajaran yang diajarkan di madrasah atau sekolah umum lainnya. Daya pikir yang baik memang akan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, namun disisi lain terdapat hal yang sangat berperan penting dan sangat dibutuhkan oleh siswa dalam menimba ilmu yang akan mempengaruhi hasil akhir dalam belajar yaitu motivasi atau dorongan belajar dari orang lain untuk siswa. Satu hal penting tersebut yang akan berperan penting bagi siswa bahkan semua orang untuk meraih sebuah kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilakukan madrasah dalam proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah. Dalam hal ini tahapan-tahapan bimbingan kelompok yang dipilih dalam proses meningkatkan motivasi bealajar siswa berprestasi rendah di MTsN 10 Sleman. Dengan bimbingan kelompok mampu mengarahkan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah dengan memberikan suatu solusi, dorongan, nasehat, atau pencerahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek yang menjadi sumber penelitian yaitu guru BK, 8 siswa dan Wali kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan-tahapan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah adalah tahap pembentukan kelompok, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Siswa Berprestasi Rendah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Mar 2018 08:12
Last Modified: 12 Mar 2018 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum