PENGEMBANGAN ASESMEN DENGAN TEKNIK SIMULASI SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MEKANIKA FLUIDA

Miskiyah, Evi and MURTONO, . (2013) PENGEMBANGAN ASESMEN DENGAN TEKNIK SIMULASI SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MEKANIKA FLUIDA. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 60-78. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ASESMEN DENGAN TEKNIK SIMULASI SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MEKANIKA FLUIDA)
Evi Miskiyah dan Murtono - PENGEMBANGAN ASESMEN DENGAN TEKNIK SIMULASI SEBAGAI ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MEKANIKA FLUIDA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan asesmen dengan teknik simulasi, (2) mengetahui kualitas asesmen dengan teknik simulasi menurut pakar dan respon siswa (3) mengetahui hasil analisis butir asesmen dengan teknik simulasi ditinjau dari validitas, reliabilitas, usabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran tiap butir soal, (4) mengetahui kemampuan level kognotif yang terakomodir dalam soal asesmen dengan teknik simulasi. Prosedur penelitian pengembangan mengadaptasi pada model pengembangan Four-D terbatas yang meliputi Define, Design, dan Develop. Subyek uji coba adalah kelas XI IPA1 MAN Lab UIN dan XI IPA 1, 2, dan 3 MAN Yogyakarta III. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk ahli materi, ahli asesmen, ahli media, dan guru fisika yang digunakan untuk validasi isi dan penilaian produk dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah berhasil dikembangkan seperangkat asesmen dengan teknik simulasi pembelajaran fisika materi mekanika fluida, (2) kualitas asesmen dengan teknik simulasi yaitu sangat baik, berdasarkan acuan patokan skala 4 memiliki skor 3,75 menurut ahli asesmen & materi, 3,83 menurut ahli media, dan 3,42 menurut guru fisika, dan berkualitas (positif) menurut respon siswa, (3) berdasarkan analisis hasil data sifat butir soal, soal asesmen simulasi telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan usable. Analisis tiap butir soal menunjukan 80% soal isian singkat berdaya beda jelek, 86,67% soal esai berdaya beda cukup, 66,67% soal isian singkat merupakan soal mudah, 6,67% soal sedang dan 26,67% merupakan soal sukar, 50% soal esai tergolong mudah dan 50% lainnya tergolong sukar, (4) kemampuan yang terakomodir berdasarkan taksonomi level kognitf adalah kemampuan aplication yaitu terakomodir pada soal isian singkat, kemampuan syntesis terakomodir pada soal esai, sedangkan kemampuan knowledge, kemampuan comprehension, dan kemampuan analysis terdistribusi secara acak pada soal. Kata kunci: asesmen alternatif, alat penilaian, teknik simulasi, mekanika fluida

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: asesmen alternatif, alat penilaian, teknik simulasi, mekanika fluida
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Aug 2018 08:44
Last Modified: 27 Aug 2018 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum