PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL

Utami, Runtut Prih and Amanah, Debby Arunin (2013) PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 357-371. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL)
Runtut Prih Utami dan Debby Aruni Amanah - PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : 1) Strategi POE terhadap minat belajar siswa pada materi pokok sistem pernapasan, 2) Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif materi pokok sistem pernapasan, 3) Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif materi pokok sistem pernapasan, dan 4)Strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranahpsikomotorik materi pokok sistem pernapasan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian matching pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdiri atas 3 kelas dan diambil 2 sampel secara random, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan data test, angket minat belajar dan hasil belajar afektif, serta lembar observasi psikomotorik. Analisis data menggunakan uji t-test untuk data hasil belajar dan uji Mann Whitney U untuk data minat belajar, data hasil belajar pada ranah afektif, dan ranah psikomotor. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh strategi POE terhadap minat belajar siswa, (memperoleh nilaistatistik Mann Whitney U sebesar 75,50 (<W0,05=278) dengan p-value sebesar 0,004 (>0,05)). 2) Terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar kognitif siswa, (nilai t hitung sebesar -3,610 (< -2,052) dengan p-value (sig.) 0,001). 3) Strategi POE tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar afektif siswa, (memperolehstatistik uji Mann Whitney U untuk hasil belajar afektif mempunyai nilai sebesar 315,500 (<W0,95=408) dengan p-value sebesar 0,280 (>0,05)). 4) Strategi POE tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajarpsikomotorik siswa, (memperolehstatistik uji Mann Whitney U mempunyai nilai sebesar 116,500 (<W0,05=278) dengan p-value sebesar 0,098 (>0,05)). Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), MinatBelajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Predict-Observe-Explain (POE), MinatBelajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:32
Last Modified: 27 Aug 2018 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum