KETERLIBATAN PEREMPUAN MENDUDUKI JABATAN KETUA PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ASEP MAHFUD, NIM. 12720045 (2017) KETERLIBATAN PEREMPUAN MENDUDUKI JABATAN KETUA PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN PEREMPUAN MENDUDUKI JABATAN KETUA PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12720045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA(2).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN PEREMPUAN MENDUDUKI JABATAN KETUA PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12720045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Struktur jabatan ketua pada lembaga kemahasiswaan merupakan sebuah posisi yang mana setiap orang baik laki-laki maupun perempuan dapat mengakses dan menduduki jabatan tersebut. Namun pada realitanya kursi jabatan sebagai ketua di lembaga Eksekutif Mahasiswa maupun di lembaga legislatif Mahasiswa, cenderung diduduki oleh mayoritas kalangan laki-laki. Sehingga dari hal ini menimbulkan adanya ketimpangan gender dalam kedudukan sebagai seorang pemimpin di organisasi kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran dan posisi perempuan dalam struktur lembaga kemahasiswaan serta untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya keterlibatan perempuan dalam menduduki jabatan sebagai seorang ketua di lembaga kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan teori feminisme liberal dan teori dari Piere Bourdieu tentang habitus. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwa dinamika dalam lembaga kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga menunjukan adanya ketimpangan gender baik dalam hal kegiatan organsiasi maupun pada struktur organisasi. Posisi pada jabatan sebagai seorang pemimpin di organisasi sangat didominasi oleh laki-laki. Perempuan masih belum mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk bisa bersaing dan menduduki kursi strategis sebagai ketua di organisasi. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya cara berpikir tradisional atau nilai yang masih membelenggu dalam diri perempuan, yakni salah satunya pemahaman tentang ajaran agama yang secara tidak langsung kemudian membentuk ideologi patriarki dalam diri perempuan. Munculnya pemikiran perempuan yang masih bias gender ini disebabkan oleh pengaruh pemahaman tradisional ataupun pemahaman agama yang berdasarkan pada pengalaman hidup perempuan ketika berada dalam kehidupan di keluarga dan juga di dunia pendidikan pesantren. Sosialisasi dalam keluarga serta pola pendidikan pesantren yang diterima ini kemudian membentuk watak, pemahaman ataupun habitus pada diri perempuan. Sehingga ketika perempuan dibenturkan dalam arena sosial organisasi, perempuan masih belum mampu untuk memanfaat kesempatan yang ada dalam arena sosial tersebut untuk dapat mengaktualisasikan dirinya untuk bersaing dengan laki-laki dan menjadi seorang ketua di organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Jabatan Ketua, Lembaga Kemahasiswaan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2018 10:16
Last Modified: 19 Mar 2018 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum