SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

MOCH TAUFIQ RIDHO - NIM. 05410062, (2009) SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penilaian pembelajaran Akidah Akhlak terutama dalam penerapan penilaian unjuk kerja (performance) di Taman Pendidikan Al-Qur'¢an (TPA) Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta yang meliputi persepsi guru Akidah Akhlak TPA Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta tentang penilaian unjuk kerja, aplikasinya dalam menerapkan penilaian unjuk kerja, serta hasil penerapannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan penilaian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data TPA Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, sebelum melaksanakan penilaian, yang perlu dipersiapkan guru adalah menentukan tujuan penggunaan penilaian unjuk kerja (performance). Setelah itu membuat perangkat pembelajaran sebagai acuan dalam menentukan kriteria penilaian unjuk kerja (performance) agar dapat sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dalam pelaksanaannya guru harus menyiapkan langkah-langkah penilaian, baik persiapan, pengambilan keputusan dan pelaporan hasil unjuk kerja (performance). Kedua, penilaian yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dapat ditinjau dari segi proses dan hasil. Tinjauan proses artinya guru menilai keseriusan siswa dalam melaksanakan penilaian unjuk kerja (performance). Sedangkan tinjauan hasil guru menilai kemampuan siswa berdasarkan kemampuan siswa mendemonstrasikan kompetensi dasar pada materi pokok tertentu. Kriteria penilaian masih berada ditangan guru, sehingga siswa dan pihak lain tidak dapat menilai kriteria secara pasti. Kendala utama dalam penerapan penilaian unjuk kerja (performance) adalah alokasi waktu sangat terbatas serta kurangnya minat dalam rumpun Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam hal ini mata pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan faktor pendukung dalam penilaian ini adalah adanya peran aktif dari peserta didik dalam proses pembelajaran, ketercapaian kompetensi dasar sesuai dengan tujuan pembelajaran serta perkembangan dan perubahan dalam paradigma penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. SANGKOT SIRAIT, M.AG
Uncontrolled Keywords: sistem penilaian pembelajaran, Akidah Akhlak, Taman Pendidikan Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 09 Aug 2012 17:20
Last Modified: 09 Aug 2012 17:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum