PERKEMBANGAN USAHA KERAJINAN TEMBAGA MELALUI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN (STUDI DUSUN SOKA, DESA WUNUNG, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

APRILIA ELMA CHOLIFAH, NIM. 13720043 (2017) PERKEMBANGAN USAHA KERAJINAN TEMBAGA MELALUI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN (STUDI DUSUN SOKA, DESA WUNUNG, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN USAHA KERAJINAN TEMBAGA MELALUI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN (STUDI DUSUN SOKA, DESA WUNUNG, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
13720043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN USAHA KERAJINAN TEMBAGA MELALUI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN (STUDI DUSUN SOKA, DESA WUNUNG, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
13720043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Simpan Pinjam Perempuan (SPP) merupakan program yang memberikan bantuan pinjaman permodalan untuk kaum perempuan guna mengembangkan usaha Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Dusun Soka, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dapat mengembangkan usaha kerajinan tembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan usaha kerajinan tembaga di Dusun Soka, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan adanya program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Penelitian ini termasuk ke dalam jenis deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data. Teori yang digunakan untuk menganalisis menggunakan teori modal sosial. Masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Simpan Pinjam Perempuan, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Wonosari, tokoh masyarakat dan Pemerintah Dusun Soka. Objek penelitian ini adalah perkembangan usaha kerajinan tembaga melalui program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MD). Hasil penelitian menjelaskan bahwa program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dapat membantu usaha kerajinan tembaga di Dusun Soka lebih berkembang. Selain membantu dalam kendala permodalan, program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) juga berpengaruh pada peningkatan produksi kerajinan tembaga sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan dan peralatan yang digunakan semakin canggih. Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) juga dapat memberdayakan kaum perempuan sehingga anggota Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga. Pilihan masyarakat mengikuti program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) karena proses yang mudah, bunga yang rendah dan tanpa jaminan. Namun, ada anggota Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang memanfaatkan dana pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari sehingga usaha yang dijalankan kurang berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.d
Uncontrolled Keywords: Simpan Pinjam Perempuan (SPP), Pemberdayaan Perempuan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2018 10:34
Last Modified: 20 Mar 2018 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum