KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBANGUN PANGAN LOKAL (STUDI DI KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS, DUSUN SALAK MALANG, DESA BANJARHARJO, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO)

NOVIA TENSI ANI, NIM. 13720056 (2017) KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBANGUN PANGAN LOKAL (STUDI DI KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS, DUSUN SALAK MALANG, DESA BANJARHARJO, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBANGUN PANGAN LOKAL (STUDI DI KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS, DUSUN SALAK MALANG, DESA BANJARHARJO, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO))
13720056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBANGUN PANGAN LOKAL (STUDI DI KELOMPOK WANITA TANI PAWON GENDIS, DUSUN SALAK MALANG, DESA BANJARHARJO, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO))
13720056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kearifan lokal merupakan bentuk adaptasi masyarakat lokal terhadap lingkungan sekitar. Dalam perkembangannya kearifan lokal bertransformasi menjadi dua hal yaitu kearifan lokal yang bersifat tradisional dan kearifan lokal yang bersifat modern. Masyarakat mulai mengembangkan kearifan lokal yang berwujud pengetahuan atau ide bukan hanya bertumpu pada persoalan budaya maupun tradisi di masyarakat. Kemampuan masyarakat lokal untuk beradaptasi dengan situasi lokal dan berinteraksi dengan sesuatu yang baru ini dapat memberikan pengetahuan yang berbeda dan belum ada sebelumnya. Terlebih kaitannya dengan keanekaragaman pola adaptasi masyarakat terhadap lingkungan sekitar dalam pemanfaatan sumberdaya bahan pangan lokal. Bertahannya sumber pangan lokal ini tidak terlepas dari kearifan lokal yang mempengaruhi perilaku manusia dalam membangun pangan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal, kontribusi kelompok, serta strategi dan upaya yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis dalam membagun pangan lokal. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori kearifan lokal dan teori sistem sosial Talcott Parson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan fenomena sosial yang ada di masyarakat. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis dapat membangun pangan lokal dengan menggunakan kearifan lokal. Pengetahuan masyarakat mengenai berbagai olahan bahan pangan lokal ini menjadikan kelompok survive dalam membangun pangan lokal. Selain itu tumbuhnya kelompok bukan karena "buatan" dari pemerintah atau "iming-iming" bantuan, akan tetapi kelompok tumbuh dari inisiatif masyarakat lokal itu sendiri. Meskipun kearifan lokal menjadi embrio eksistensi kelompok namun sistem perilaku, sistem kepribadian, sistem sosial dan sistem kultural di dalam kelompok juga menjadi faktor penguatan kelompok yang dilakukan oleh Kelompok Pawon Gendis untuk membangun pangan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muryanti, S.Sos, M.A
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Pengetahuan Lokal, Pangan Lokal, Strategi
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2018 13:13
Last Modified: 20 Mar 2018 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum