MANAJEMEN RISIKO LIKUIDITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI KABUPATEN KLATEN

NUR SALIM, NIM. 1320312087 (2017) MANAJEMEN RISIKO LIKUIDITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN RISIKO LIKUIDITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI KABUPATEN KLATEN)
1320312087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN RISIKO LIKUIDITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI KABUPATEN KLATEN)
1320312087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Lembaga keuangan mikro syariah sebagai penghimpun dana masyarakat jelas memiliki tingkat risiko yang jauh lebih tinggi dibandingkan lembaga yang tidak berhubungan langsung dengan sektor finansial. Risiko didefinisikan sebagai peluang hasil yang tidak diinginkan. Likuiditas adalah kemampuan KSPPS dan atau USPPS koperasi untuk memenuhi kewajiban jangka pendek. Risiko likuiditas muncul karena dana yang dihimpun dari masyarakat akan dikembangkan melalui berbagai bentuk pembiayaan dan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada pemilik dana apabila setiap waktu diambil. Akibat ketidak cukupan likuiditas untuk memenuhi kebutuhan operasional telah mereduksi kemampuan lembaga keuangan untuk memenuhi lialibilitasnya pada saat jatuh tempo. Untuk mencegah, mengurangi dan mengelola potensi risiko likuiditas yang mungkin dihadapi, maka dibutuhkan manajemen risiko likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas likuiditas lembaga keuangan mikro syariah di Kabupaten Klaten tahun 2016, serta untuk mengetahui dan mengevaluasi manajemen risiko likuiditas yang telah digunakan. Sampel yang digunakan adalah 13 lembaga keuangan mikro syariah anggota Koperasi Sekunder BMT Puskopsyah Kabupaten Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan rasio kas kualitas likuiditas ratarata tahun 2016 likuid di dua lembaga yaitu KSPPS Sekawan dan BMT Amanah Sejahtera Mandiri, sedangkan berdasarkan rasio pembiayaan dengan rata-rata kualitas likuiditas likuid di tiga lembaga yaitu Koperasi Syariah Ta’awun, KSPPS Sekawan dan BMT Barepan. Hasil penelitian juga menunjukkan lima lembaga dengan manajemen risiko likuiditas baik yaitu BMT Puskopsyah, BMT Bina Ummat, BMT Lima Utama Barokah, BMT Barepan dan BMT Istiqomah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kualitas Likuiditas Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Likuiditas, Manajemen Risiko Likuiditas, Risiko likuiditas
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2018 14:11
Last Modified: 21 Mar 2018 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum