ANALISIS PENGARUH BANK SPECIFIC VARIABLES (BSV), STRUKTUR PEMBIAYAAN DAN STATUS KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

SITI MAGHFIROH, SESY, NIM. 1520311026 (2017) ANALISIS PENGARUH BANK SPECIFIC VARIABLES (BSV), STRUKTUR PEMBIAYAAN DAN STATUS KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH BANK SPECIFIC VARIABLES (BSV), STRUKTUR PEMBIAYAAN DAN STATUS KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
1520311026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH BANK SPECIFIC VARIABLES (BSV), STRUKTUR PEMBIAYAAN DAN STATUS KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
1520311026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Bank Umum Syariah hingga akhir tahun 2016 menghadapi sejumlah risiko urgent. Risiko-risiko tersebut diantaranya terkait dengan risiko atas kualitas aset, yaitu bagaimana perbankan syariah mengatasi dan mencegah pembiayaan bermasalah agar dapat menurunkan prosentase non performing financing (NPF). Pembiayaan bermasalah BUS dari tahun 2011-2016 meningkat secara signifikan. Dari ketiga kategori pembiayaan non lancar, kategori diragukan dan macet mengalami kenaikan rata-rata masing-masing sebesar 49.27 persen dan 40.72 persen. Sementara kategori macet meningkat rata-rata sebesar 26.90 persen. Atas hal tersebut, faktor internal (bank specivic variables) perbankan menjadi sorotan pertama selain kondisi makroekonomi karena faktor ini bersumber pada kegiatan operasional bank syariah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh bank specific variables, struktur pembiayaan dan status kepemilikan terhadap risiko pembiayaan Bank Umum Syariah di Indonesia dengan sampel penelitian 10 BUS dan periode pengamatan antara 2011-2016. Penentuan sampel berdasarkan teknik purposive sampling, sedangkan metode analisis menggunakan software Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan bank specific variables, ekspansi pembiayaan menunjukkan tidak berpengaruh. Sementara kualitas pembiayaan dan financing to deposit ratio berpengaruh positif signifikan. Sedangkan capital adequacy ratio dan pertumbuhan pembiayaan berpengaruh negatif signifikan, berbeda dengan ukuran bank yang tidak berpengaruh. Berdasarkan struktur pembiayaan, pembiayaan berbasis ekuitas berpengaruh positif signifikan, sementara pembiayaan berbasis pendukung menunjukkan tidak berpengaruh. Selanjutnya, berdasarkan status kepemilikan, menunjukkan tidak berpengaruh terhadap risiko pembiayaan Bank Umum Syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. SLAMET HARYONO, M.SI. AKT.
Uncontrolled Keywords: Bank Specivic Variables, Struktur Pembiayaan, Status Kepemilikan, Risiko Pembiayaan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2018 09:25
Last Modified: 22 Mar 2018 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum