ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA RAMAH MUSLIM DI YOGYAKRTA

AZHAR HAPIZ RANGKUTI, NIM. 1520311030 (2017) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA RAMAH MUSLIM DI YOGYAKRTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA RAMAH MUSLIM DI YOGYAKRTA)
1520311030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA RAMAH MUSLIM DI YOGYAKRTA)
1520311030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syari‟ah dewasa ini ternyata berdampak positif bagai bisnis-bisnis lainnya untuk bergerak dalam bisnis berbasis syari‟ah. Salah satunya yaitu pariwisata berbasis syari‟ah atau dikenal juga sebagai pariwisata ramah Muslim, bahkan bisnis tersebut menjadi salah satu tren baru di dunia pariwisata, yang lebih menarik ialah, ternyata dari bisnis tersebut dapat memberikan kontribusi besar dalam pendapatan Negara, hal tersebut telah dibuktikan dibeberapa Negara, Bahkan dapat memberikan pendapatan terbesar kedua bagi suatu Negara. Penelitian ini menggunakan teori pariwisata syari‟ah atau pariwisata halal untuk mengetahui bagaimana potensi pengembangan pariwisata ramah Muslim di Yogyakarta. Dengan menggunkan data primer yang dikumpulkan dari setiap responden serta mengunakan 4 variabel bebas serta 1 variabel moderasi sebagai indikator yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar potensi pengembangan pariwisata ramah Muslim di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel hanya 2 variabel yang memiliki dampak signifikan yaitu amenitas, dan syari‟ah sedangkan 2 lainnya tidak berpengaruh signiifikan. Artinya dari segi sarana prasarana Yogya sudah sangat siap menjadi pariwisata yang ramah terhadap Muslim begitu juga dari sisi syari‟ahnya akan tetapi dari segi atraksi serta ancillary masih perlu beberapa koreksi. Sedangkan dilihat dari sisi lain, yaitu syari‟ah sebagai variabel moderasi ternyata variabel ini tidak bisa memperkuat ketiga variabel lainnya untuk meningkatkan potensi pengembangan pariwisata ramah Muslim. Artinya adanya syari‟ah pada ketiga variabel lainnya bukanlah suatu ukuran pasti untuk menjadikan suatu destinasi wisata sebagai destinasi pariwisata ramah Muslim.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pariwisata syari‟ah, pariwisata halal, pariwisata ramah muslim, atraksi, amenitas, ancillary, syari‟ah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2018 09:28
Last Modified: 22 Mar 2018 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum