EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI MEDIASI (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2015-2016)

ROJIKIN, SHI, NIM. 1520311093 (2017) EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI MEDIASI (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2015-2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI MEDIASI (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2015-2016))
1520311093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI MEDIASI (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2015-2016))
1520311093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu penyelesaian sengketa ekonomi syari‟ah adalah melalui mediasi yang oleh Mahkamah Agung telah diintegrasikan ke dalam pengadilan, sehingga sebelum proses litigasi hakim mewajibkan para pihak untuk menempuh proses mediasi terlebih dahulu. Pengadilan Agama Sleman adalah salah satu Pengadilan Agama di Indonesia yang sudah banyak menerima sengketa ekonomi syari‟ah dan hakim-hakim yang ada di Pengadilan Agama Sleman adalah hakimhakim yang sudah berpengalaman, namun ternyata tingkat kegagalan mediasi dalam sengketa ekonomi syari‟ah di Pengadilan Agama Sleman relatif berimbang jika dibandingkan dengan tingkat keberhasilannya berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menjelaskan bagaimana prosedur mediasi serta faktor-faktor penghambat dan keberhasilan mediasi pada sengketa ekonomi syari‟ah dan efektifitas mediasi yang telah diterapkan pada Pengadilan Agama Sleman pada tahun 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan analisis kualitatif yang bersifat preskriptif-analitik dengan pendekatan yuridis-empiris dan teori efektifitas hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), data kepustakaan, menelusuri dan mempelajari berkas-berkas BAP (Berita Acara Persidangan) proses persidangan sengketa ekonomi syari‟ah pada Pengadilan Agama Sleman tahun 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Pertama prosedur penyelesaian sengketa ekonomi syari‟ah melalui mediasi pada Pengadilan Agama Sleman mengunakan dua regulasi yaitu pada tahun 2015 menggunakan PERMA No. 1 Tahun 2008 sedangkan tahun 2016 menggunakan PERMA No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi pada Pengadilan. Kedua, bahwa penyelesaian sengketa ekonomi syari‟ah melalui mediasi pada Pengadilan Agama Sleman tahun 2015-2016 kurang efektif yang disebabkan oleh faktor masyarakat dan budaya. Hal ini disebabkan masih minimnya para pihak dalam proses mediasi baik dari segi kehadiran maupun i‟tikad baik pada proses mediasi, sehingga proses mediasi menjadi gagal. Ketiga, bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan mediasi karena mediator Pengadilan Agama Sleman memiliki sumber daya manusia yang konsisten dalam mengaplikasikan PERMA Nomor 1 tahun 2008 dan PERMA No. 1 tahun 2016, sedangkan faktor yang mempengaruhi kegagalan mediasi dalam penyelesaian sengketa ekonomi syari‟ah adalah karena para pihak yang kurang ber‟itikad baik dan tidak datang ke persidangan dalam proses mediasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ali Sodiqin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa, Ekonomi Syari’ah, Mediasi, efektifitas
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Mar 2018 09:47
Last Modified: 26 Mar 2018 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum