PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA

MUHIMMATUL FARIHAH, S PD I, NIM. 1520311102 (2017) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA)
1520311102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA)
1520311102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Muhimmatul Farihah, S. Pd. I: Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy Berbasis Islam Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Sosial Narapidana Wanita di Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta. Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Latar belakang permasalahan ini adalah narapidana wanita merasakan ketakutannya bersosial dengan masyarakt setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan. Narapidana berfikir bahwa masyarakat akan memandang dirinya buruk karena pernah masuk dalam Lembaga Pemasyarakatan. Pikiran negatif tersebut yang dimiliki oleh narapidana wanita akan mempengaruhi tingkah lakunya ketika keluar dari Lembaga Pemasyarakatan. Dari permasalah tersebut perlunya penanganan bagi narapidana wanita yaitu dengan Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy Berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy Berbasis Islam dalam menurunkan tingkat kecemasan sosial narapidana wanita di Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen one group pretest dan postest design. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, skala kecemasan sosial, dokumentasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji validitas butir soal dihitung dengan uji validitas dan koefisien reliebilitas. Uji validitas butir soal dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach sedangkan data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik uji Wilcoxom dengan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran tingkat kecemasan sosial narapidana wanita di Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang hal ini dibuktikan dari hasil skor pretest. Gambaran kecemasan sosial narapidana wanita yaitu Evaluasi negatif terhadap masyarakat, kurangnya kepercayaan diri narapidana wanita dan menghindari situasi sosial. Kemudian hasil uji statistik menggunakan teknik Wilcoxom diketahui bahwa dari Asymp. Sig. (2-tailed) 0,043 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor pretest dan postest kelas eksperimen. Dengan kata lain bahwa Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy berbasis Islam berpengaruh dalam menurunkan tingkat kecemasan sosial narapidana wanita di Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imas Kania Rahman, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy Berbasis Islam, Kecemasan Sosial
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Mar 2018 09:56
Last Modified: 26 Mar 2018 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum