KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 STUDI PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

NURSETYO ISWANDANI, NIM. 12490088 (2017) KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 STUDI PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 STUDI PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA)
12490088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 STUDI PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA)
12490088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nursetyo Iswandani. Kajian Kebijakan Kurikulum 2013 Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini berangkat dari diberlakukannya Kurikulum 2013 oleh pemerintah. Kurikukum 2013 diberlakukan atas reaksi terhadap globalisasi yang mengakibatkan beberapa masalah sosial terutama persoalan karakter. Ki Hajar Dewantara jauh sebelum itu telah menyusun konsep tentang pembentukan manusia yang berkarakter dan beradab, maka dari itu kajian tentang Kurikulum 2013 harus dikaji melalui gagasan besar Bapak Pendidikan Nasional ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu data yang diambil berasal dari sumber pustaka. Penghimpunan data, peneliti menggunakan sumber primer dan sekunder yang kemudian dihimpun menggunakan teknik dokumentasi. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menafsirkan data yang diperoleh. Selanjutnya dalam analisisnya menggunakan analisis Isi, tujuannya untuk mengetahui hubungan, makna, konsep, dan lain sebagainya antara pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Kurukulum 2013 berupaya merangsang, mengkondisikan, dan menantang siswa untuk mencari tahu. Penilaiannya adalah berbasis proses, serta Isi dari Kurikulum 2013 memiliki istilah baru dalam Standar Kopetensi Lulusan, yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan yaitu aspek Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi Dasar adalah konten yang dipelajari peserta didik pada setiap mata pelajaran, dengan demikian ada integerasi antara ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kedua, untuk memahami tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara diperlukan tiga hal, yaitu (a) Dasar Pendidikan yang disebut dengan Panca Darma, (b) Alam Pendidikan yang disebut Trilogi Pendidikan, (c) Sistem Pendidikan yang disebut dengan Sistem Among. Ketiga, (a) Kurikulum 2013 menghendaki agar pendidikan bersandar pada budaya bangsa, mengembangkan potensi anak, toleran, bermoral, dan tanggungjawab, semua itu secara substansi termaktup dalam konsep Panca Darma. (b) Dalam Standar Kompetensi Lulusan yang mencakup Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan ada hubungan dengan konsep Trilogi Pendidikan, bahwa pendidikan tidak bisa lepas dari ketiga tempat tersebut. (c) Pengajaran dalam Kurikulum 2013 menginginkan adanya pembentukan karakter yang baik serta memberi keleluasaan kepada siswa untuk mengembangkan potensinya. Guru harus senantiasa mendidik, menuntun, serta memberi keleluasaan agar siswa dapat belajar dengan baik dan bebas menuju ke arah yang positif. Hal semacam ini secara substansial juga berkorelasi dengan Sistem Among, seorang Guru harus menjadi Pamong serta mendasarkan pada cinta kasih dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M,Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Kurikulum 2013
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:13
Last Modified: 09 Apr 2018 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum